Inilah Rahasia Performa Gemilang Dovi Di Mugello dan Catalunya

Inilah Rahasia Performa Gemilang Dovi Di Mugello dan Catalunya. Lompatan prestasi luar biasa ditunjukkan Andrea Dovizioso di paruh pertama musim ini. Baru tujuh seri, Dovi sudah memenangi dua diantaranya. Hebatnya lagi kemenangan itu dilakukannya secara beruntun di dua seri terakhir. Apa rahasia Dovi bisa seperti sekarang?

Mugello dan Catalunya menjadi saksi bagaimana seorang Dovi mempecundangi dua kandidat juara dunia musim ini. Maverick Vinales ditaklukkannya di Italia, Marc Marquez diasapi di Barcelona. Sontak, dua kemenangan beruntun di balapan normal (bukan wet race) membuat namanya kini menjadi kandidat kuat perebut gelar juara dunia MotoGP musim ini.

Kini, Ia hanya kalah 7 poin dari Vinales di puncak klasemen pembalap. Masih ada 11 seri tersisa, sangat besar kemungkinan untuk menyalip perolehan poin andalan Yamaha itu.

Dovi pun mengungkapkan performa positif dirinya di musim balap 2017 ini tak lepas dari perubahan pola pikir di paruh kedua musim balap tahun lalu. Perubahan Dovi lebih ke pendekatan non teknis dimana Ia kini telah merasakan ‘nikmatnya’ menjalani profesi balapnya. Istilah kerennya nothing to loose.

“Sejak separuh tahun lalu, saya memahami begitu banyak hal,’ ujar Dovizioso seperti dikutip dari Motorsport, Rabu (21/6/17).

“Dari semua itu saya mendapatkan hasil yang lebih baik. Jika anda lihat kembali hasil tahun lalu dan tahun ini,” ujar juara dunia kelas 125cc pada 2004 silam.

Yup, tahun lalu Dovi meraih kemenangan keduanya di kelas MotoGP di Sepang, Malaysia setelah kemenangan perdana dicetaknya musim 2009 di GP Inggris saat masih memperkuat Repsol Honda. Dovi butuh 7 tahun untuk meraih 2 kemenangan, namun musim ini Ia hanya butuh 2 pekan untuk 2 kemenangan fantastis.

Seiring usianya yang menginjak 31 tahun, nampaknya Dovi sudah bisa menikmati balapan bersama Ducati. Kebetulan, Ducati saat ini sudah banyak berubah dibanding tahun-tqhun sebelumnya. Desmosedici GP17 tidak lagi hanya sebagai motor ‘celeng’ mengacu pada kehebatannya di trek lurus namun memble saat berbelok, mirip celeng alias babi hutan yang susah belok. Kini, paket Desmo GP17 masih memiliki power terbesar, namun juga sudah lincah di tikungan.

Motivasi lain dari performa gemilang Dovi adalah kehadiran tandem anyarnya, Jorge Lorenzo. Status sebagai juara dunia bertahan plus 2 titel sebelumnya jelas akan memotivasi Dovi untuk membuktikan bahwa Ia lebih fasih menguasai GP17. Ketika fokus publik ke sosok Lorenzo, Dovi muncul dengan kejutan luar biasanya.

Seri terdekat untuk membuktikan bahwa dua kemenangan di Mugello dan Catalunya bukanlah kebetulan adalah di Assen, Belanda. Kita lihat, apakah Dovi nanti bisa kembali berbicara banyak di depan atau kembali ke ‘habitat asalnya’ di luar zona juara. Jadi, Inilah Rahasia Performa Gemilang Dovi Di Mugello dan Catalunya.

Advertisements