MotoGP Belanda 2017: Valentino Rossi Raih Kemenangan Perdana, Danilo Petrucci Impresif

MotoGP Belanda 2017: Valentino Rossi Raih Kemenangan Perdana, Danilo Petrucci Impresif. Akhirnya, Valentino Rossi bisa meraih podium pertama musim ini. Penantian setahun akhirnya tuntas di seri kedelapan MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (25/6/17). Rossi menaklukkan para rival di lintasan yang basah.

 

Setahun lamanya Rossi menunggu manisnya podium pertama. Kemenangan terakhir the doctor rasakan di Catalunya 5 Juni 2016. Setelah itu, Rossi selalu gagal meraih podium satu termasuk dalam 7 seri pertama musim ini.
Assen menjadi saksi bagaimana kecepatan dan pengalaman Rossi menjadi penentu dalam sebuah balapan yang tricky akibat lintasan yang basah. Rossi start dari posisi empat dan mengakhiri balapan sebagai yang terdepan.

Selepas lampu start mati pertanda para pembalap dipersilahkan melaju sekencang-kencangnya, Rossi melakukannya dengan cukup baik. Ia langsung berada di posisi 3 di belakang Johann Zarco sang pole sitter dan Marc Marquez di posisi kedua. Hingga pertengahan balapan, posisi ini tidak berubah. Zarco stabil di depan.

Memasuki lap ke-11, Rossi mulai panas. Ia melakukan serangan terhadap Marquez dan berhasil. Kini, Rossi telah di belakang Zarco hingga tak lama kemudian pembalap Prancis itupun disalipnya untuk memimpin balapan yang direncanakan 26 lap itu.

Namun, pertarungan sebenarnya baru dimulai. Rossi tidak benar-benar nyaman berada di depan. Marquez terus mengancam dan satu pembalap lain yang ikut meramaikan pertarungan di depan adalah Danilo Petrucci. Bahkan, pembalap Octo Pramac Ducati itu sukses menyalip Marquez di lap 17 untuk memberikan tekanan baru bagi Rossi. Sensasi Petrux -panggilan Petrucci- terus terlihat. Usai menyalip Marquez, Rossi pun akhirnya harus menyerahkan pimpinan balap kepada pembalap senegaranya itu.

Petrux terus memimpin hingga akhirnya di lap 23 Rossi kembali fight back dan mengambil alih lagi pimpinan lomba. Tiga lap tersisa menjadi ajang pertarungan pembalap senior-junior Italiano itu. Pengalaman akhirnya menjadi pembeda. Rossi sukses meredam gempuran Petrux di 3 lap tersisa untuk meraih kemenangan perdananya musim ini. Rossi hanya unggul 0,063 detik dari Petrux, sangat tipis.

MotoGP Assen bisa jadi adalah seri terbaik musim ini hingga seri kedelapan. Selain pertarungan ketat Rossi-Petrux, penalti pit atas Zarco juga mewarnai seri the cathedral musim ini. Zarco yang sempat bersenggolan dengan Rossi harus puas finish ke-14 akibat penalti itu. Aksi memukau Rossi tidak diikuti rekan setimnya, Maverick Vinales. Vinales gagal finish. Dia terpeleset dan tak bisa melanjutkan balapan. Motornya pun mengalami kerusakan berat.

Jatuhnya Vinales menjadi berkah bagi Andrea Dovizioso. Walau hanya finish kelima, Dovi akhirnya mampu menggeser Vinales dari puncak klasemen pembalap sekaligus menjadi kandidat kuat juara musim ini.

Marc Marquez juga tidak kalah impresif. Walau hanya finish ketiga, Marquez meraihya dengan perjuangan. Sempat terlempar dari top 3 jelang finish, Marquez mengejutkan di lap-lap terakhir. Pembalap Spanyol itu pun akhirnya finis di tempat ketiga.

Lalu, selain Rossi siapa bintang Assen kali ini? Tentu saja Danilo Petrucci masuk daftar ini. Penampilannya sangat impresif. Petrux benar-benar memberikan pelajaran kepada Rossi arti sebuah nikmatnya kemenangan hingga detik-detik akhir.

So, MotoGP Belanda kali ini sangat seru sebagai tontonan.


Hasil Lengkap MotoGP Belanda 2017:

MotoGP Belanda 2017: Valentino Rossi Raih Kemenangan Perdana, Danilo Petrucci Impresif.

Advertisements

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Inilah Klasemen MotoGP 2017 Pasca Assen: Rossi Melesat, Dovi Gusur Vinales Di Puncak | rideralam.com
  2. Rival Berat Valentino Rossi Ini Diburu Ducati Dan Aprilia | rideralam.com

Comments are closed.