Kemenangan Rossi di Assen Dibantu Rins? Ini Komentar Petrucci!

Kemenangan Rossi di Assen Dibantu Rins? Ini Komentar Petrucci! Duel seru tersaji di lap-lap akhir MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (25/6/17). Pelakunya adalah Valentino Rossi dan Danilo Petrucci. Namun, duel keduanya ternyata melibatkan satu pembalap lain yakni Alex Rins. Rossi yang berada di depan Petrux di 3 lap terakhir nyaris saja kehilangan kemenangan di last lap jika tidak ada Rins di sana. Maksudnya gimana nih?

Memasuki putaran ke-26 alias terakhir, Rossi dan Petrux terus bertarung dengan sangat ketat. Gap keduanya tidak sampai 1 detik. Rossi yang melaju di depan berusaha mati-matian mempertahankan posisinya sedangkan Petrux yang tepat di belakangnya mengaku sudah sangat siap untuk melakukan overtake guna merebut kemenangan perdananya di kelas MotoGP.

Ketika duel keduanya mencapai klimaks, bahkan keduanya sudah melakukan overlapping beberapa pembalap, salah satunya Alex Rins, di sinilah keuntungan Rossi sekaligus kerugian bagi Petrux. Race direction sudah mengibarkan bendera biru sebagai tanda agar pembalap yang akan dioverlap memberikan jalan. Sayang, Alex Rins yang tengah berusaha mengambalikan kepercayaan dirinya pasca absen cukup lama tidak menyadari itu.

Entah, apakah terlalu fokus atau kecewa dengan keputusannya menukar motor akibat hujan rintik-rintik sebelumnya namun ternyata malah tidak jadi hujan dan trek mengering, Rins tidak melihat kibaran bendera biru. Ia terus memacu GSX-RR nya sehingga tidak menyadari ada Petrux yang tengah melaju ke arahnya. Alhasil, Petrux terganggu dan kehilangan momentum untuk menyalip Rossi.

“Saya sangat yakin bisa melewati Valentino Rossi pada lap terakhir. Semuanya sudah disiapkan untuk menyalipnya tapi sayangnya saya kesulitan melewati Rins dan Barbera yang di overlap,” sesal Petrux.

Akibatnya, Petrux gagal menyalip Rossi dan harus puas di posisi runner up. Rossi sendiri sangat berbahagia dengan kemenangannya ini. Kemenangan pertama musim ini bahkan pertama sejak setahun lalu. Kemenangan ini juga menjadi catatan tersendiri dimana the doctor telah 10 kali menaklukkan Assen sejak pertama kali melakukannya tahun 1997 lalu.

Menanggapi insiden yang merugikan Petrux tersebut, Rins mengaku menyesal dan telah meminta maaf.

“Saya minta maaf atas kejadian pada lap terakhir. Apa yang terjadi bahwa saya tak melihat ada bendera biru dikibaskan dan posisi saya menghalangi laju Petrucci, saya ajukan permohonan maaf,” tegas Rins seperti dikutip dari dapurpacu, Senin (26/6/17).


Tapi, apakah jika Rins memberikan jalan bagi Petrux lalu bisa mengalahkan Rossi? Jawabannya bisa iya bisa tidak, apapun bisa terjadi namun yang jelas Assen tahun ini telah resmi menjadi ‘milik’ Rossi. Namun, terlepas dari hasil akhir, performa Petrux dengan GP17 patut diapresiasi. Walau hanya sebagai pembalap tim satelit, penampilan Petrux bahkan jauh lebih baik dari pembalap tim factory mereka, Jorge Lorenzo!

Selamat untuk Valentino Rossi, selamat untuk Danilo Petrucci, terima kasih untuk duel seru yang telah disajikan. Kami puas! MotoGP Assen kali ini layak menjadi the best race this year! Kemenangan Rossi di Assen Dibantu Rins? Ini Komentar Petrucci!

Advertisements