Update Top 10 Transfer Termahal Musim 2017/2018, Lukaku Pecahkan Rekor!

Update Top 10 Transfer Termahal Musim 2017/2018, Lukaku Pecahkan Rekor! Tim-tim Liga Inggris memang terkenal boros dalam urusan belanja pemain. Di bursa transfer musim panas ini, mereka mendominasi daftar transfer termahal. Bahkan, predikat transfer termahal berkali-kali diciptakan oleh setidaknya 3 tim Liga Inggris. Manchester City kemudian Arsenal dan kini oleh Manchester United.

Dari daftar top 10 transfer termahal musim 2017/2018 hingga tulisan ini diangkat, tim-tim Liga Inggris mendominasi dengan memasukkan 7 pemain, sisanya dibagi rata dari tim Serie A, Bundesliga dan La Liga. Manchester United dan Manchester City punya dua pemain anyar yang masuk daftar. Romelu Lukaku dan Victor Lindelof di sisi merah sedangkan Bernardo Silva dan Ederson di sisi biru. Jika diakumulasi, besaran biaya yang dikeluarkan dua klub ini saja sudah mencapai 210 juta Euro.

Belum dari tim besar Inggris lainnya seperti Arsenal, Chelsea dan Liverpool yang juga sudah menghabiskan dana hingga 130 juta Euro. Total belanja 5 tim papan atas Liga Inggris itu saja sudah mencapai 340 juta Euro. Dan kemungkinan besar jumlah ini masih akan terus bertambah. Ingat, jumlah itu hanya dari daftar top 10 transfer termahal musim 2017/2018.

Untuk transfer termahal, Man City, Arsenal dan Man United silih berganti menciptakannya. Pembukaan bursa transfer 1 Juli lalu Man City langsung menggebrak dengan menjadikan Bernardo Silva (AS Monaco) sebagai yang termahal dengan mahar 50 juta Euro. Rekor tersebut hanya bertahan sekitar sepekan sebelum Arsenal menciptakan rekor pembelian atas nama Alexandre Lacazette dari tim Prancis Olympique Lyon dengan biaya 53 juta Euro.


Man United seakan tidak terima, hanya dalam hitungan hari usai Arsenal bikin rekor, the red devils kemudian memecahkan rekor atas nama Romelu Lukaku. Lewat transfer cukup mengejutkan, mereka memboyong penyerang Everton itu dengan mahar 84,7 juta Euro. Mengejutkan sebab sebelumnya Man United dikabarkan tengah melakukan negosiasi dengan Real Madrid untuk Alvaro Morata. Sedangkan Lukaku dikabarkan sudah dekat dengan Chelsea.

Bagaimana dengan tim-tim dari liga top Eropa lainnya?

Dari daratan Spanyol, tim-tim La Liga masih terlihat adem ayem. Beberapa transaksi memang  sudah dilakukan misalnya oleh Sevilla yang memboyong penyerang Sampdoria, Luis Muriel atau Valencia yang mempermanenkan Simone Zaza, striker pinjaman dari Juventus. Namun, baru Real Madrid yang sukses mencatatkan transfer ‘agak’ mahal atas nama Theo Hernandez dengan biaya 30 juta Euro. Di daftar, posisi Theo ‘hanya’ di posisi 10 alias paling buncit. Dari rumor transfer, Madrid memang terlihat tidak sedang akan menciptakan transfer-transfer fantastis seperti kala memboyong CR7 atau Gareth Bale.

Dari Bundesliga, Bayern Munich mengirim satu nama, Corentin Tolisso. Gelandang yang diproyeksikan untuk menggantikan peran Xabi Alonso yang pensiun didatangkan dari tim Ligue 1 Olympique Lyon dengan banderol 41,5 juta Euro menempati posisi 5 transfer termahal kali ini. Sepertinya pembelian ini akan menjadi yang termahal bagi Munich musim ini. Tapi, siapa yang tahu ke depannya akan seperti apa.

Serie A yang selama ini kerap minor dalam urusan pembelian pemain mahal sejak krisis keuangan menimpa tim-tim besar ternyata mulai menggeliat. Motornya adalah AC Milan, klub yang kembali kaya usai diakuisisi Li Yonghong, taipan kaya asal China. Di tangan duo guru transfer baru, Marco Fassone dan Alessandro Mirabelli, Milan seakan tidak kehabisan uang untuk belanja. Pemain termahal yang mereka datangkan hingga saat ini adalah Andre Silva, penyerang muda asal FC Porto. Silva didatangkan dengan biaya 38 juta Euro dan menempati posisi 7 dalam daftar. Milan maaih berpotensi menciptakan rekor pembelian termahal klub jika mereka sukses mendaratkan si anak hilang, Pierre Emerick Aubameyang dari Dortmund. Milan dan Dortmund tengah melakukan negoisasi di kisaran 70-80 juta Euro untuk pemain di posisi striker itu.

Top 10 Transfer Termahal Musim 2017/2018 dikutip dari transfermarkt.com, Selasa (11/7/17):

1. Romelu Lukaku (CF) – Everton ke Man United = €84,7 juta
2. Alexandre Lacazette (CF) – Lyon ke Arsenal = €53 juta
3. Bernardo Silva (RW) – Monaco ke Man City = €50 juta
4. Mohammed Salah (RW) – Roma ke Liverpool = €42 juta
5. Corentin Tolisso (CM) – Lyon ke Bayern Munich = €41,5 juta
6. Ederson (GK) – Benfica ke Man City = €40 juta
7. Andre Silva (CF) – Porto ke Milan = €38 juta
8. Victor Lindelof (DC) – Benfica ke Man United = €35 juta
9. Antonio Rudiger (DC) – Roma ke Chelsea = €35 juta
10. Theo Hernandez (LB) – Atletico Madrid ke Real Madrid = €30 juta Euro

Jadi, bersiaplah rekor-rekor transfer mahal masih akan menghiasi pemberitaan bursa transfer musim ini. Sebab, beberapa tim besar nan kaya masih belum terlihat bergerak. Klub kaya Ligue 1 PSG masih adem ayem, Barcelona juga masih terus mengatur strategi dengan pelatih anyarnya, Chelsea juga berpotensi menciptakan transfer mahal pada sosok Morata. Update Top 10 Transfer Termahal Musim 2017/2018, Lukaku Pecahkan Rekor!

Advertisements