Data AISI Juni 2017: Yamaha XMax 250 Makin Diburu Makin Gerogoti Kue Sport 250 cc

Data AISI Juni 2017: Yamaha XMax 250 Makin Diburu Makin Gerogoti Kue Sport 250 cc. Yamaha XMax 250 mulai menunjukkan ancaman nyata bagi produk lain di kelas 250 cc bahkan untuk yang beda genre sekalipun. Data AISI Juni 2017 menunjukkan penjualan Maxi Skutik seperempat liter itu kenaikan yang lumayan signifikan dibanding bulan sebelumnya. Memang banyak prediksi dengan harga mepet sport 250 cc, XMax akan memakan kue rival-rivalnya. Benar saja…

Sepanjang Juni kemarin, Yamaha sukses melego (distribusi) XMax sebanyak 939 unit. Jumlah ini meningkat dari 713 unit di bulan Mei. Ada kenaikan sekitar 30%. Jadi, dari dua bulan pertama distribusi, XMax telah terjual sebanyak 1600-an unit.

Yamaha XMax 250

Seperti yang disebutkan di awal artikel ini, kehadiran XMax 250 mampu menggerus market sport 250 cc. Di artikel sebelum ini disebutkan bahwa marketshare sport 250 cc dalam kurun waktu April-Juni rata-rata 1000-an unit, padahal di periode Januari-Mei masih di angka 2000-an unit. Ada lost sekitar 1000-an unit. Dan jika melihat data penjualan XMax, ada benarnya kalau si bongsor ini sudah mengalihkan perhatian konsumen kelas ini.

Tidak bisa dipungkiri, semakin mature konsumen, semakin bertanggung jawab atas kenyamanan keluarga kecilnya, maka sport bukan lagi menjadi prioritas, melainkan prefer skutik (pliss jangan ngomong mobil ya). Sisi fungsionalitas yang jauh lebih besar dibanding sport menjadikan skutik 250 cc pilihan alternatif dan makin bergeser menjadi pilihan utama.

Jika bicara konsumen yang berduit, ketika mereka menginginkan motorsport, maka pilihan 250 cc tidak lagi menarik. Mereka akan memilih naik kelas, sedangkan untuk 250 cc sudah dialihkan ke skutik. Yamaha cerdas membaca ini. Mereka seolah-olah membiarkan R25 berjalan begitu-begitu saja. Kalah telak selama berbulan-bulan, bahkan sudah hitungan tahun dari rival, hanya ditanggapi dengan perubahan desain warna dan grafis. Mereka tenang-tenang saja sebab, selain pasar ekspor masih bisa diandalkan, senjata baru 250 cc telah disiapkan. Dan ketika diluncurkan, sukses memakan kue sport 250 cc.

Si bongsor makin gerus market sport 250 cc

PR Yamaha saat ini ‘hanya’ tinggal menjaga momentum lonjakan XMax ini dengan menggenjot produksi agar inden tidak terus semakin memanjang. Jika kapasitas produksi bisa dimaksimalkan, bukan tidak mungkin ke depannya pasar XMax makin gemuk. Sebaliknya, sport 250 cc stagnan bahkan menurun. Data AISI Juni 2017: Yamaha XMax 250 Makin Diburu Makin Gerogoti Kue Sport 250 cc.

Advertisements

2 Comments

  1. Gerah juga sebelah,mau bikin max scooter 250 cc katanya.buat flagship scooter.
    Pengikut setia…

Comments are closed.