XMax 250 Kalahkan Ninja 250FI cs

XMax 250 Kalahkan Ninja 250FI cs. Membandingkan skutik dengan motor sport apalagi trail memang serasa aneh. Tapi, sebenarnya juga tidak masalah jika bisa ditarik benang merahnya. Seperti memperlakukan XMax setara Ninja 250FI atau CBR250RR atau bahkan KLX 250. Ngomong apa sih… okelah, ini tentang penjualan motor-motor berkubikasi 250cc. Seperti apa peta persaingan di kelas seperempat liter pada bulan Juni 2017 ini? Lanjuutt…

Motor value

Bagi XMax, Juni ini merupakan bulan kedua penjualan (distribusi) setelah di bulan Mei kemarin menunjukkan angka yang positif 713 unit. Sedangkan di Juni penjualan XMax 250 mengalami kenaikan menjadi 939 unit. Ada peningkatan sekitar 31%. Sebuah sinyal positif tentunya mengingat saudaranya di kelas motorsport, R25, tidak kunjung membaik nasibnya.

Luar biasanya, angka 939 unit menjadi yang tertinggi untuk seluruh model motor 250cc di tanah air. XMax mengalahkan penjualan barisan sport seperempat liter macam CBR250RR (409 unit), Ninja 250FI (602 unit) dan R25 (124 unit). Padahal, selama ini biasanya trio sport 250cc itu selalu mendominasi. Trend pasar berubah?

Lalu, bagaimana dengan nakedbsport 250? Terlaris adalah motor adventure CRF250RALLY yang mampu terjual di angka 176 unit, hanya beda 5 unit dari MT-25 yang berada tepat di bawahnya. Sedangkan, Z250 yang menjadi naked sport 250 pertama di tanah air hanya terjual 20 unit saja. Dan posisi terakhir ditempati KLX 250 yang terjual 8 unit saja.

Semuanya tak berkutik menghadapi XMax

Apa yang dicapai XMax ini memang di luar dugaan. Dengan harga 54 juta OTR Jakarta sebenarnya bukan harga yang murah. Tapi, apa yang ditawarkan XMax untuk konsumen memang sangat value. Desain bongsor khas maxi skutik Yamaha, futuristik konsep, power dan torsi yang lebih dari cukup bahkan untuk menjinakkan torsi badaknya, Yamaha menyertakan fitur Traction Control. Sebuah fitur yang lazim ada di motor sport.

Kabar terkini, peminat XMax sudah menyentuh 3500 orang dengan inden yang cukup lama. Bahkan, Yamaha sudah menutup pemesanan untuk XMax ini. Demam maxi skutik Yamaha diinisiasi oleh NMax 155. Dengan harga ‘murah’ konsumen bisa mendapatkan desain skutik antimainstream tapi dengan performa gahar.

Data Penjualan Motor 250cc Juni 2017 (warungasep.net)

Teknologi variable valve actuation benar-benar membuat NMax punya tenaga merata dari bawah hingga atas. So, XMax tinggal melanjutkan euforia NMax. Ketika XMax diharapkan menjadi next step bagi pemilik NMax untuk naik kelas, tak disangka justru mendapat limpahan dari segmen sport. XMax 250 Kalahkan Ninja 250FI cs.

Advertisements

1 Comment

  1. bgtulah yamaha..biar bagaimanapun dia menelurkan barang baru namun nggk mampu mencukupi kebutuhan pasar,beda dengn honda,biar belakangan produknya banyak yang pesan berapapun banyaknya yg pesan barang ada di warung..siap saji.
    jadi klo ada yg bilang yamaha mau kuasai pasar spd motor itu org yg nggk nengok kemampuan produksi si yamaha.

Comments are closed.