[Update] Klasemen Grup H Kualifikasi Piala Asia U-23: Semua Terbuka Usai Thailand Kalahkan Malaysia

Peluang Thailand paling besar, Indonesia cukup besar.

Pertandingan rival Indonesia antara Thailand melawan Malaysia akhirnya dimenangkan tim gajah putih. Kemenangan ini membuat Thailand memimpin grup menggeser Malaysia dan Indonesia ke posisi dua dan tiga.

Thailand mengalahkan Malaysia dengan skor identik saat Malaysia mengalahkan Indonesia, 3-0.

Atas kemenangan ini poin Thailand menjadi 4. Seluruh tim di grup H sudah memainkan 2 laga. Thailand memimpin diikuti Malaysia dan Indonesia dengan poin sama 3. Malaysia berhak di atas garuda muda karena rekor head to head mereka unggul dari kita. Sedangkan posisi buncit ditempati Mongolia yang baru mengoleksi 1 poin.

[Update] Klasemen Grup H Piala Asia U-23:

Pertandingan terakhir di grup sangat menentukan nasib Thailand, Malaysia dan Indonesia. Kekalahan bisa berakibat tersingkir dan gagal lolos ke Piala Asia U-23 di China Januari 2018 mendatang. Mari kita hitung-hitungan peluang Indonesia agar lolos.
Di pertandingan terakhir Indonesia akan menghadapi Thailand sedangkan Malaysia melawan Mongolia. Secara matematis, keempat negara ini punya kesempatan untuk lolos. Asumsinya adalah juara grup otomatis lolos dan runner up menjadi satu dari lima runner up terbaik.

Mongolia lolos jika:
– menang dari Malaysia, Thailand menang dari Indonesia. Klasemen akhir Thailand (7 poin), Mongolia (4), Malaysia (3), Indonesia (3)

Thailand lolos jika:
– menang dari Indonesia apapun hasil Malaysia vs Mongolia
– seri dari Indonesia, apapun hasil Malaysia vs Mongolia
– kalah dari Indonesia, Malaysia kalah dari Mongolia dan selisih gol menang dari Mongolia

Malaysia lolos jika:
– menang dari Mongolia, apapun hasil Thailand vs Indonesia
– seri dengan Mongolia, Thailand mengalahkan Indonesia

Indonesia lolos jika:
– menang dari Thailand, apapun hasil Malaysia vs Mongolia
– seri dengan Thailand, Malaysia kalah dari Mongolia

Melihat kemungkinan di atas, maka peluang Thailand bisa dibilang paling besar. Kalah saja mereka masih bisa lolos walau bergantung dari laga lain. Sementara itu, Mongolia hanya punya satu kesempatan untuk lolos yakni harus menang itupun dengan syarat Thailand harus mengalahkan Indonesia.

Peluang lolos Malaysia dan Indonesia nyaris sama tapi masih lebih besar Malaysia. Keunggulan head to head dari Indonesia yang memberikan keuntungan. Indonesia punya kesempatan juara grup alias otomatis lolos ke Piala Asia U-23 jika bisa mengalahkan Thailand dan di pertandingan lain Malaysia tidak menang dari Mongolia. Jika mau aman, Indonesia harus mengalahkan Thailand di pertandingan terakhir grup, berapapun skornya. Jika kondisi ini terjadi, maka tinggal menunggu hasil Malaysia vs Mongolia.

Jika dipersentasekan, Thailand punya peluang lolos 40%, Malaysia 30%, Indonesia 25% dan Mongolia 15%. Bagaimana menurut brosis?

Advertisements