Kualifikasi Piala Asia U-23: Ditahan Imbang Thailand, Indonesia Gagal Ke China

Laga terakhir kualifikasi Piala Asia U-23 grup H antara Indonesia menghadapi Thailand akhirnya berakhir imbang tanpa gol. Hasil ini membuat Indonesia gagal lolos menuju putaran final Piala Asia U-23 yang akan digelar di China Januari 1018 mendatang.

Indonesia yang harus menang mengalami kesulitan mengembangkan permainan akibat kondisi lapangan yang tergenang air. Hujan deras turun di pertengahan babak pertama berakibat genangan air banyak terlihat di rumput lapangan Standion Nasional Thailand.

Akibat kondisi lapangan yang sangat tidak layak, teknik permainan cantik tidak terlihat. Yang ada adalah setiap mendapatkan bola, para pemain kedua tim menendang langsung ke depan. Alhasil, permainan menjadi tidak enak dilihat.

Dalam kondisi itu, sebenarnya Indonesia punya peluang untuk unggul. Seperti yang dimiliki Osvaldo Haay di babak kedua. Kemelut di depan gawang Thailand, Haay yang mendapat bola liar langsung mencontek si kulit bundar, sayang walau sudah melewati kiper, bola menyamping ke sisi kiri gawang. Inilah peluang terbaik garuda muda.

Thailand juga bukan tanpa peluang. Namun, memang kondisi lapangan membuat semua peluang menjadi sia-sia.

Dengan hasil seri ini, Indonesia hanya mampu menambah 1 poin dan gagal melaju ke putaran final Piala Asia U-23. Di Klasemen akhir, poin Indonesia adalah 4 dan hanya menempati posisi ketiga. Malaysia menjadi negara yang melaju otomatis ke Putaran Final Piala Asia U-23 berkat menjadi juara grup dengan 6 poin. Thailand di posisi kedua dengan 5 poin dan akan bersaing dengan 9 runner up lainnya untuk menjadi 5 runner up terbaik dan berhak lolos putaran final.


Kegagalan Indonesia di kualifikasi kali ini tidak lepas dari start buruk ketika kalah 0-3 dari Malaysia. Keputusan mencadangkan Evan Dimas dan Hansamu Yama di babak pertama harus dibayar mahal oleh Luis Milla. Tapi, apapun itu kita harus tetap mendukung garuda. Beri kesempatan mereka untuk terus berkembang dan menjadi yang terbaik. Next target adalah Sea Games tahun ini di Malaysia. Emas menjadi target yang dibebankan PSSI untuk anak asuh Milla.

Advertisements