Jualan Motor Turun, Tapi Laba Astra Grup Justru Meningkat, Koq Bisa?

Pasar boleh lesu, jualan boleh berkurang jumlah unitnya, tapi bicara laba bersih, PT Astra Internasional tbk. justru mengalami kenaikan.
Laba bersih mereka sepanjang Jauari-Juni 2017 mencapai 9,3 triliun Rupiah. Dari jumlah itu 4,2 triliunnya dari sektor otomotif alias jualan mobil dan motor.


Walaupun pasar motor nasional turun sekitar 9% menjadi 2,7 unit dan penjualan motor Honda ikut turun 7% menjadi 2 juta unit, namun laba bersih bisa terkerek berkat meningkatnya penjualan mobil. Di sektor roda 4 ini, penjualan merk-merk di bawah payung Astra grup mengalami peningkatan 9% menjadi 298 ribu unit dari total 534 ribu unit secara nasional.

Untuk sektor roda dua, market nasional memang mengalami penurunan. Daya beli masyarakat semakin menurun dari tahun ketahun sejak mencapai puncaknya 3 tahun silam. Astra Honda Motor (AHM) tidak mampu menyelamatkan jumlah penjualan walaupun mereka telah mengeluarkan 6 model baru dan 11 model facelift (ada yang bisa menyebutkan model-model tersebut?). Namun, walaupun secara unit turun tapi penguasaan pasar justru meningkat menjadi 74% dari periode yang sama tahun lalu di angka 73%.

Duet maut

”Sebagian besar bisnis Grup Astra memiliki kinerja yang baik pada semester pertama 2017. Pada sisa tahun ini, grup berharap mendapatkan manfaat dari harga batu bara yang stabil. Walaupun hasil kinerja diperkirakan akan terpengaruhi oleh meningkatnya persaingan di pasar mobil dan menurunnya permintaan di pasar motor,” ujar Prijono Sugiarto, Presiden Direktur Grup Astra seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (1/8/17).
Wah, brosis ikut nyumbang ke Astra grup gak? RA sih gak hehehehe

Advertisements