Kawasaki Stop Penjualan Estrella 250? Siapkan Retro Klasik 175 cc, Eliminator-kah?

Di Jepang sudah edisi sayonara, Estrella 250 edisi perpisahan.

Kabar yang berhembus menyebutkan Kawasaki telah menghentikan produksi dan penjualan motor retro mereka, Estrella 250. Benarkah demikian? Lanjuttt

Kawasaki Estrella mulai dipasarkan di tanah air oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) tahun 2014 silam. Motor dengan status completely build up (CBU) dsrri Jepang itu bergenre klasik dengan kapasitas mesin 249 cc. Selama 3 tahun penjualan Kawasaki menyebut Estrella rata-rata terjual 300 unit pertahun.

Menanggapi isu diskontinyu Estrella, Deputy Head Sales and Promotion Division KMI, Michael Chandra Tanadhi, dengan tegas membantahnya. Ia menyebut Kawasaki masih menjual Estrella dengan banderol 60 jutaan.

“Estrella sampai saat ini masih dijual. Meskipun memang penjualannya tidak terlalu besar. Penjualannya itu 300 unit per tahunnya,” ujar Michael seperti dikutip dari viva.co.id, Selasa (1/8/2017).

Tapi, walau membantah Michael tidak menutup kemungkinan Estrella akan dihentikan penjualannya. Bukan soal tidak laku tapi lebih ke regulasi. Jika regulasi Euro 4 sudah diberlakukan oleh pemerintah, maka Estrella yang masih Euro 3 otomatis akan distop.

Di Jepang sendiri, Estrella 250 baru saja April kemarin merilis edisi sayonara alias Estrella perpisahan.

Retro 175cc

Sementara itu, ditengah belum moncernya Estrella, Kawasaki diam-diam telah menyiapkan motor retro lainnya. Kabarnya, kapasitas mesinnya di bawah Estrella yakni 175 cc. Kawasaki sendiri tidak menampik kabar itu bahkan membenarkannya. Hanya mereka masih menutup rapat soal waktu peluncurannya.

Motor retro apa dari Kawasaki yang berkapasitas mesin 175 cc? Ubek-ubek mbah gugel, ternyata Kawasaki punya motor klasik retro 175 cc bernama Eliminator 175. Pertanyaannya, apakah Kawasaki akan memasukkan Eliminator ini untuk retro 175 cc mengingat nih motor pernah masuk dari IU dan pernah dimiliki beberapa biker tanah air. Atau beda nama tapi dengan basis sasis dan mesin yang sama, injeksi tentunya? Masih gelap.

Yang jelas, rumor retro klasik Kawasaki 175 cc sebenarnya bukan baru. Tahun 2016 lalu rumor ini sudah berhembus. Adalah tmcblog yang sempat mengabarkan akan kehadiran si kuda besi 175cc, mas taufik menyebutnya Estrella 175 dengan tanda tanya di belakangnya. So, akan kah tahun ini Kawasaki akan mentransformasi rumor-rumor itu menjadi kenyataan?

Sebagai informasi, Kawasaki maasih memiliki 3 motor baru untuk market Indonesia hingga akhir tahun 2017 ini. Mereka masih menyimpan dengan erat motor apa saja dan kapan peluncurannya. Jadi, jika melihat kebiasaan Kawasaki sejauh ini ya kita hanya bisa menunggu untuk kemudian ujug-ujug diluncurkan saja.

Advertisements