Dovizioso Lanjutkan Dominasi Ducati di Red Bull Ring, Aksi Nekad Marquez Bikin Keki

Pertarungan ketat nan seru tersaji di Sirkuit Red Bull Ring, Austria tempat berlamgsungnya balapan MotoGP seri kesebelas musim 2017 ini pada Minggu (13/8/2017). Marc Marquez akhirnya tampil sebagai pemenang mengalahkan para pembalap lainnya.

Selepas start, Jorge Lorenzo yang berada di posisi tiga langsung menyerang dan memimpin balapan. Marquez tergeser ke posisi kedua. Start bagus juga dilakoni Dani Pedrosa yang melesat ke posisi lima dari posisi 8. Valentino Rossi juga tidak kalah, start ketujuh Ia kemudian berada di belakang Lorenzo, Marquez dan Andrea Dovizioso.

Lorenzo yang menggunakan kombinasi ban medium-soft untuk depan-belakang melesat menghasilkan gap yang cukup lebar dengan Marquez dan Dovi di belakangnya. Marquez menghunakan ban medium-medium, sama dengan Dovi dan Rossi serta Vinales. Vinales ada di posisi lima di depan Johann Zarco dan Pedrosa.

Pertengahan lomba, Marquez terus memberikan tekanan kepada Dovi. Performa RC213V nampaknya memang makin luar biasa di paruh muaim kedua ini. Terbukti, Marquez akhirnya mampu overtake Dovi. Sempat melebar dan diambil alih kembali oleh Dovi, Marquez kembali menaklukkan beberapa lap kemudian.

Sementara itu, performa buruk kembali menimpa Movistar Yamaha. Dua pembalap mereka harus keteran menghadapi motor kencang Ducati dan Honda. Bahkan, Vinales dan Rossi sempat diasapi oleh Zarco yang notabene menggunakan motor spek kedua. Seperti musim lalu, Yamaha tidak mampu mengejar improvisasi rival di paruh musim kedua.

8 lap terakhir pertarungan seru di zona podium makin menegangkan. Dovi dan Marquez silih berganti memimpon jalannya balapan. Sementara itu, Pedrosa yang telah berhasil menyalip Lorenzo di posisi ketiga mulai merecoki. Bahkan di satu kesempatan, Pedrosa terlihat sangat tipis di belakang dua pembalap di depannya.

Dua lap terakhir Marquez terus menekan Dovi yang bermain rapi. Namun, permainan rapi Dovi masih belum bisa ditaklukkan. Marquez terlihat beberapa kali sedikit keluar dari racing line-nya utuk mencari celah menyalip.

Drama nyaris terjadi di 2 tikungan jelang finish. Marquez yang memang dikenal suka nekad berusaha memotong racing line Dovi untuk menyalip, Dovi dengan mati-matian melakukan pengereman agar tidak menabrak Marquez. Berhasil, ketika Marquez harus sedikit keluar dari racing linenya, Dovi akhirnya keluar tikungan pertama dan menyentuh garis finish lebih dulu. Dovi nampak kesal dengan ulah Marquez yang memotong tepat di depannya.

Kemenangan ketiga Dovi musim ini bersama Ducati. Red Bull Ring masih menjadi milik Ducati setelah musim lalu Andrea Iannone yang melakukannya sebelum pindah ke Suzuki.
Hasil MotoGP Austria 2017:
1. Dovisiozo
2. Marquez
3. Pedrosa
4. Lorenzo
5. Zarco
6. Vinales
7. Rossi
8. Bautista
9. Baz
10. Kalilo

Advertisements