Laga Pembuka Serie A 2017-2018 Tadi Malam: Juventus dan Napoli Berlari Kencang!

Juventus langsung berlari kencang pada laga pembuka Serie A Liga Italia 2017-2018. Menjamu Cagliari, Paulo Dybala dkk menang telak. Sementara itu di laga kedua, Napoli juga meraih hasil positif saat dijamu Hellas Verona.

Max Allegri menggunakan formasi 4-2-3-1 dengan striker tunggal Gonzalo Higuian yang ditopang tiga gelandang serang Cuadrado-Dybala-Mandzukic. Dua holding midfielder diserahkan pada Pjanic dan Marchisio melapis kuartet lini pertahanan Leichsteiner-Rugani-Chiellini-Alex Sandro.

Juventus langsung tampil dominan sejak kick off. Gol yang ditunggu hadir di menit 12. Mario Mandzukic mencatatkan namanya di papan skor. Tendangan kaki kanannya hasil umpan Stephen Leichsteiner. Tertinggal satu gol, Cagliari mulai tersengat. Hasilnya, mereka mendapatkan penalti di menit 39 berkat teknologi VAR. Sayang, sepakan Diego Farias berhasil digagalkan Gianluigi Buffon.
Juventus justru menambah keunggulan di menit akhir babak pertama. Miralem Pjanic memberikan umpan jauh kepada Paulo Dybala yang sukses lolos dari perangkap offside. Sepakan kaki kiri pemain yang diincar Barcelona itu menembus pojok kanan atas gawang Cagliari yang dijaga Alessio Cragno. Babak pertama ditutup keunggulan 2-0 Juventus.

Babak kedua, kondisi masih belum baik bagi Cagliari. Juventus masih terlalu kuat untuk dilawan. Dominasi si nyonya besar bisa dilihat dari penguasaan bola yang mencapai 64%:36% dengan shoot on goal 8 banding 2.

Menit 66 Gonzalo Higuain menyusul dua rekannya di papan skor. Kali ini Alex Sandro yang sukses menghantarkan bola ke kaki penyerang 30 tahun itu. Dengan sedikit liukan, tendangan kaki kiri Higuain menembus pojok kiri bawah gawang Cragno. Juventus makin mantab unggul 3-0. Gol Higuain rupanya menjadi gol terakhir laga tersebut.

Juventus membuka kampanye mempertahankan gelar Scudetto ke-7 beruntunnya dengan kemenangan telak 3 gol tanpa balas.
Napoli Juga Menang

Di pertandingan kedua mempertemukan tuan rumah Hellas Verona dengan salah satu kandidat juara Liga Italia Napoli.

Walau bertindak sebagai tim tamu, namun Napoli tetap menampilkan permainan agresif. Serangan demi serangan yang dibangun melalui sayap lincah Lorenzo Insigne di kiri dan Jose Callejon di kanan beberapa kali membuat lini pertahanan tuan rumah keteteran.
Bahkan, sebuah kesalahan antisipasi bola datang hasil sepak pojok Insigne menghasilkan gol bunuh diri bek Souprayen di menit 32. Napoli menambah keunggulan di menit 39 setelah serangan balik yang diinisiasi Insigne berhasil dioptimalkan Arkadiusz Milik.

Insigne yang berlari kencang di sektor kanan pertahanan Verona melepas umpan datar melengkung ke Milik yang ikut berlari di sisi kiri. Mendapat bola manis, Milik langsung melakukan placing menyilang ke pojok kanan gawang Verona yang dikawal Nicolas. Napoli menutup paruh pertama dengan keunggulan 2-0.

Babak kedua berjalan 17 menit, Faouzi Ghoulam menambah keunggulan Napoli. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Verona, sepakan kerasnya menembus jala Nicholas. Napoli makin mantab dengan keunggulan 3-0.

Verona bukannya tanpa peluang. Beberapa kali peluang gol mereka ciptakan, namun finishing yang kurang tajam dan penampilan solid kuartet lini belakang Napoli yang diisi Ghoulam-Coulibaly-Chiriches-Hysaj membuat serangan yang dimotori Alessio Cerci dan Giampaolo Pazzini selalu gagal.

Hingga akhirnya sebuah pelanggaran oleh bek Napoli terhadap salah seorang pemain Verona di kotak terlarang membuat wasit Michael Fabbry menghadiahi tendangan penalti bagi tuan rumah. Eksekusi eks pemain Milan, Giampaolo Pazzini sukses menjebol gawang Pepe Reina di menit 89. Sebuah gol hiburan saja sebab akhirnya Verona harus mengakui keunggulan Napoli 1-3.

Hasil dua laga Sabtu dini hari wib membawa Juventus ke puncak klasemen diikuti Napoli dengan 3 poin.

Minggu (20/8/2017) nanti malam sejumlah laga Serie A Liga Italia akan berlangsung seperti duel tim mengejutkan musim lalu Atalanta yang akan menjamu runner up AS Roma di Atleti d’Azzuri. Sedangkan laga Senin dini hari mempertemukan Crotone vs AC Milan, bigmatch Inter Milan vs Fiorentina dan Lazio yang menjamu SPAL.

Berikut Jadwal Serie A Liga Italia Pekan Perdana:

Mana jagoanmu, bro?

Advertisements