Rekor Pertemuan Indonesia U-19 vs Myanmar U-19 Di Piala AFF: Saling Mengalahkan!

Indonesia U-19 mengusung misi cukup berat yakni juara di Piala AFF U-19 yang dilaksanakan di Myanmar, 4-17 September 2017. Dalam laga perdana grup B, Indonesia akan menghadapi tuan rumah Myanmar pada hari ini, Selasa (5/9/2017). Jika menilik rekor pertemuan kedua negara di ajang yang sama hasilnya adalah sama kuat.

Indonesia U-19 dan Myanmar U-19 pernah bertemu sebanyak 4 kali di ajang Piala AFF U-19. Masing-masing saling mengalahkan. Berarti laga petang nanti menjadi laga kelima sekaligus pembuktian siapa yang terbaik.

Piala AFF U-19 Tahun 2005
Pertemuan pertama garuda muda bertemu Myanmar U-19 terjadi pada tahun 2005. Pada edisi perdana turnamen remaja ASEAN itu (sesuai dengan data dari aseanfootball.org) garuda muda sukses menang dengan skor ketat 4-3. Kala itu, Indonesia bertindak sebagai tuan rumah, tepatnya di Palembang. Sayang, walaupun menang di klasemen akhir Indonesia hanya berada di peringkat 3 dan gagal lolos dari grup. Myanmar sendiri tampil sebagai juara grup dan lolos ke semifinal hingga akhirnya menjadi juara usai mengalahkan Malaysia di final.

Piala AFF U-19 Tahun 2011
Pertemuan kedua terjadi 6 tahun kemudian tepatnya 16 September 2011. Kali ini Myanmar menjadi tuan rumah. Pada laga itu Indonesia harus mengakui ketangguhan tuan rumah dengan skor 1-0. Di klasemen akhir grup, lagi-lagi Indonesia hanya di peringkat 3 dan gagal ke semifinal. Sedangkan Myanmar sebagai runner up grup di bawah Vietnam. Di akhir turnamen, Myanmar juara keempat. Juara direbut Thailand usai mengalahkan Vietnam di final.

Piala AFF U-19 Tahun 2013
Pertemuan ketiga Indonesia dan Myanmar terjadi di Sidoarjo saat Indonesia kembali menjadi tuan rumah tahun 2013. Pertemuan kali ini kembali dimenangkan Indonesia dengan skor lagi-lagi tipis, 2-1. Kala itu Timnas U-19 Indonesia ditukangi Indra Sjafri, pelatih saat ini. Di klasemen akhir grup, Indonesia lolos ke semifinal sebagai runner up. Myanmar gagal melaju ke babak 4 besar. Di akhir turnamen, Indonesia akhirnya tampil sebagai juara usai menundukkan Vietnam lewat adu penalti. (Kilas balik garuda muda juara ada di link ini). Itulah satu-satunya gelar garuda muda di ajang turnamen tahunan tersebut hingga saat ini.

Piala AFF U-19 Tahun 2016
Dan, pertemuan terakhir alias keempat terjadi pada tahun lalu. Piala AFF U-19 tahun 2016 diadakan di Hanoi, Vietnam. Untuk keempat kalinya Indonesia dan Myanmar tergabung dalam satu grup. Kali ini Indonesia harus takluk dengan skor tipis 2-3. Sayang, walau menang Myanmar gagal melaju ke babak semifinal, pun demikian dengan Indonesia. Di grup ini Thailand dan Australia sebagai tim tamu yang lolos ke babak 4 besar. Keduanyapun akhirnya melaju hingga babak final dimana Australia menjadi juara keempat kalinya usai hajar Thailand 5-1. Padahal di babak grup Thailand menang dengan skor sama atas Australia.

So, jika melihat rekor pertemuan Indonesia dan Myanmar kedua negara punya kekuatan seimbang. Indonesia mengalahkan Myanmar saat menjadi tuan rumah, Myanmar-pun ketika menjadi tuan rumah juga berhasil mengalahkan garuda muda. Melihat tren itu, peluang garuda muda tetap ada walau cukup berat. Faktor Indra Sjafri bisa menjadi pembeda tuh.

Advertisements