Tak Ada Pengganti Rossi di Misano, Movistar Yamaha Terancam Dikudeta!

Yamaha pastikan Rossi absen di Misano

Tim Movistar Yamaha pastikan Valentino Rossi absen di seri ke-13 MotoGP San Marino akhir pekan ini. Selain itu, Yamaha juga telah putuskan tidak akan gunakan pembalap pengganti dan hanya akan andalkan Maverick Vinales seorang di Misano. Demikian pernyataan resmi Movistar Yamaha melalui situs resminya.

Valentino Rossi harus naik meja operasi akibat cedera patah tulang pasca mengalami kecelakaan saat latihan enduro pada Kamis (31/8/2017). Dokter yang mengoperasi, dr. Pascarella mengatakan the doctor harus absen selama 30-40 hari untuk menjalani pemulihan.

Kondisi yang membuat Rossi harus absen membalap setidaknya untuk dua seri kedepan di bulan September, Misano 10 September dan Aragon 25 September.

Rossi harus absen 30-40 hari usai jalani operasi

“Tim MotoGP Movistar Yamaha menyesalkan bahwa Valentino Rossi tidak akan bisa tampil di Gran Premio Tribul Mastercard di San Marino e della Riviera di Rimini, yang akan digelar akhir pekan ini.”

“Tim pabrikan Yamaha akan tampil di seri ke-13 MotoGP musim 2017 dengan Maverick Vinales sebagai satu-satunya pebalapnya.”

“Yamaha mendoakan Valentino Rossi pulih secepatnya dan berharap bisa melihatnya di atas motor YZR-M1 sesegera mungkin,” demikian pernyataan resmi Yamaha di yamahamotogp.com, Senin (4/9/2017).

Dengan demikian, maka Yamaha telah mengabaikan keinginan Dorna yang mendesak tim yang khas dengan warna biru itu untuk segera menentukan pembalap pengganti Rossi.

Padahal, jika Yamaha hanya mengandalkan seorang pembalap, maka sebenarnya mereka rugi. Terutama untuk posisi klasemen kategori tim. Saat ini, Movistar Yamaha berada di puncak klasemen tim MotoGP dengan keungulan hanya 7 poin dari tim Repsol Honda. Andaikan nanti di Misano Vinales menang, namun Marquez-Pedrosa sama-sama naik podium, maka puncak klasemen akan berpindah ke Repsol Honda.

Klasemen TIM MotoGP 2017

Sejatinya, Yamaha punya banyak pilihan pembalap untuk menggantikan peran Rossi selama absen. Setidaknya ada 6 nama pembalap yang bisa dijadikan alternatif pengganti pembalap berusia 38 tahun itu. Ada 2 pembalap tim satelit, 2 pembalap Superbike dan 2 pembalap penguji.

Tapi, keputusan sudah diambil. Yamaha tidak akan mengganti Rossi dengan pembalap lain, entah alasan apa yang mendasarinya. RA yakin kemungkinan-kemungkinan di atas sudah dipikirkan masak-masak oleh manajemen Movistar Yamaha. Kita tinggal tunggu apa yang bisa diperbuat seorang Vinales sendirian melawan kecepatan duo Repsol Honda dan tentu saja sang pimpinan klasemen Andrea Dovizioso yang makin nyaman dengan Desmosedici GP17.

Advertisements