Meski Jadul, Verza 150 Masih Unggul dari GSX dan Xabre!

Melihat daftar 10 motorsport 150cc terlaris sepanjang Agustus 2017, dominasi produk-produk baru begitu kentara. Empat posisi teratas semuanya adalah produk fresh yang baru dirilis 1-2 tahun terakhir. Namun, diantara jejeran produk baru, terselip produk-produk lawas yang masih bertahan dari gempuran ‘adik-adiknya’.


Sebut saja Verza 150. Sport murah dari Honda ini sudah berusia 4 tahun hingga kini. Pertama kali diproduksi tahun 2013, nyaris tidak ada kelebihan kategori ‘wah’ yang dimiliki Verza. Model jadul, tidak se-sporty naked sport kekinian, shock belakang masih stereo hingga performa juga ala kadarnya. Satu-satunya kelebihan Verza adalah harganya yang murah. Sport anyar termurah kala pertama diluncurkan. Ketika motor-motor sekelasnya sudah di atas 19-20 jutaan, Verza kala itu ‘hanya’ 17 jutaan.

Oke, kalau satu-satunya kelebihan terlalu kejam bagi Verza, sebenarnya ada satu kelebihan lain yang ternyata menjadi nilai utama lainnya selain harga murah, irit! Yup, Verza mampu membuat siapapun di luar sana yang ingin motor batangan, motor baru, harga murah dan tentu saja irit, Verzalah jawabannya. Tak heran jika di jalanan paling sering kita temui biker Verza adalah karyawan-karyawan yang menuntut mobilitas tinggi seperti sales, petugas koperasi simpan pinjam hingga petugas asuransi. Mobilitas tinggi gak menguras kantong terlalu dalam.

Mega Pro
Produk kedua yang masuk jadul yakni New Mega Pro PGM-FI. New Mega Pro (NMP) FI dirilis setahun setelah Verza 150 ngaspal tepatnya 2014 silam. Usia 3 tahun masih bisa diperdebatkan jika disebut jadul atau lawas. Tapi, jika dibandingkan dengan kuartet All New CB150R, All New Vixion, All New CBR150R dan All New R15, jelas NMP FI jadul. Tidak hanya dari sisi tahun rilis tapi juga dari segi desain.


Jika Verza diposisikan jelas sebagai motor murah, NMP ini agak membingungkan posisinya. Dibilang murah gak juga, dibilang sport modelnya masih jadul, dibilang motor jadul teknologinya sudah kekinian, bingung bukan? Tapi NMP masih punya pasar walau jumlahnya makin menurun. Khususnya kalangan bapak-bapak yang menginginkan motor laki tapi tidak bikin sering-sering pijit boyok. NMP lah jawabannya. Suspensi monoshock belakang NMP juga nanggung, terkesan ala kadarnya walaupun itu shock tunggal. Paling bikin eneg tentu saja melihat dari bagian depan, NMP ini gak banget deh. Tapi, tetap laku… Honda gitu lho.

Byson FI gak dibahas? Ah dia mah motor baru, baru 2015 kemarin dirilis.


So, walaupun jadul tapi segmentasi yang jelas dari Verza 150 masih mampu membawa si murah masuk daftar motorsport 150cc terlaris di bulan Agustus, peringkat 5 pula. Verza lebih populer dari GSX-R150, Xabre hingga naked bike ‘gagal’ Suzuki, GSX-S150! Dari Verza saja Honda sudah panen 4 ribuan unit, NMP menyumbang 300 an unit. Walau kecil untuk ukuran penjualan AHM, tapi tetap saja itu menyumbang keuntungan finansial. Bagaimana dengan Byson FI misalnya yang terjual hanya 19 unit!?

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*