Inikah Alasan Vixion R Tidak Bisa Mengalahkan CB150R?


Banyak yang heran, walau tidak sedikit pula yang memang sudah memprediksi, mengapa penjualan Vixion terbaru, tipe standar dan tipe R, tidak bisa mengalahkan All New CB150R. Mengapa Vixion tidak mampu mengalahkan CB150R padahal di tahun-tahun sebelum 2017 ini justru CB150R yang kewalahan mengejar Vixion. Apa penyebabnya?

Faktor utamanya adalah kuatnya sang rival, All New CB150R Streetfire. Secara performa, Vixion standar jelas inferior dari CB150R sebab masih mengusung mesin yang sama dengan Vixion generasi sebelumnya, NVA, walau ada penambahan teknologi assist & slipper clutch. Jadi, untuk melawan CB150R adalah dengan Vixion tipe R yang secara performa di atas kertas lebih unggul.

Namun, ternyata Vixion R pun tidak bisa berbuat banyak. Data AISI Agustus 2017 lalu bisa menjadi bukti bahwa Vixion memang kalah dari CB150R.

Kekuatan CB150R saat ini adalah pada desain. Banyak komentar positif tentang desain terbaru CB150R, ditambah fitur yang disematkan, CB150R seperti pilihan sempurna bagi penyuka naked sport 150cc. Sebaliknya, Vixion standar dan R justru mengalami kemunduran soal desain. Padahal selama ini kekuatan utama klan Vixion selain keiritannya adalah desainnya yang selalu selangkah lebih maju. Sekarang? Sepintas dilihat hanya beda spatbor racing bagian belakang saja. Sisanya, nyaris serupa dengan NVA. Konsumen sudah bosan.

Ekspektasi konsumen terhadap desain-desain produk Yamaha sangat tinggi. Karena memang selama ini Yamaha selalu inovatif dan menjadi pioneer untuk urusan satu ini. Bahkan, desain Old Vixion saja sampai ditiru Honda dengan CB150R gen 1. Namun, entah mengapa sejak perubahan NVL ke NVA kemudian kini ke Vixion R, desain tidak banyak berubah. Alhasil, ketika publik begitu mengharap Vixion terbaru memiliki desain di luar perkiraan selama ini memang benar adanya, tapi negatif. Berharapnya desain fresh eh malah mirip vixion modifan. Sampai-sampai salah satu petingginya saja bilang itu motor petugas pom bensin. Terlepas dari jeroannya yang memang jempolan, desain Vixion teranyar sungguh ‘gak Yamaha banget’.

Bicara desain? Ini Indonesia dimana banyak dari konsumen di sini lebih mengutamakan desain daripada performa. Mesin boleh biasa saja, tapi desain harus keren.

Parahnya lagi, ketika Vixion R yang bisa head to head dari sisi fitur dan performa dengan All New CB150R, harga kemudian menjadi faktor penentu berikutnya. Harga Vixion R yang mendekati 30 juta sedikit banyak membuat calon konsumen berpikir dua kali untuk meminangnya. Sebab, para rivalnya punya harga di bawahnya. CB150R di kisaran 27 jutaan, GSX-S150 malah hanya 23 jutaan.

Tapi memang handicap utama Vixion R ini ada di sisi desain. 

Advertisements

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*