Klasemen MotoGP 2017: Marquez Jauhi Dovizioso, Pedrosa Geser Rossi

Marc Marquez makin kokoh di pucak klasemen pembalap MotoGP usai merengkuh kemenangan kelimanya musim ini di Aragon, Spanyol, Minggu (24/9/2017). Marquez kini meninggalkan Andrea Dovizioso di tempat kedua dengan selisih poin lumayan signifikan.


Tambahan 25 poin di seri ke-14 Aragon membuat koleksi poin Marquez kini 224 unggul 16 poin dari Dovi yang hanya finish ketujuh kali ini. Padahal, sebelum seri Aragon, poin Dovi dan Marquez bersaing ketat sama-sama 199.

Sementara itu, finish kedua Dani Pedrosa membuatnya kini naik ke posisi 4 menggeser Valentino Rossi yang hanya finish kelima. Pedrosa kini telah mengumpulkan 170 poin alias unggul tipis 2 poin dari The Doctor.

Rossi sendiri tampil hebat meski habya finish kelima. Dengan kondisi tidak 100% akibat cedera patah kaki yang belum sepenuhnya pulih, Rossi sempat nangkring di posisi kedua di awal-awal balapan. Sayang memang posisi itu tidak mampu dipertahankannya hingga garis finish dan hanya finish kelima setelah di lap-lap akhir rekan setimnya, Maverick Vinales mengovertakenya dari posisi keempat.

Jorge Lorenzo yang sempat memimpin race hingga pertengahan akhirnya meraih podium keduanya musim ini dengan finish ketiga. Tambahan 16 poin membuatnya kini makin mendekati raihan angka Johan Zarco di tempat keenam dengan 106 poin atau hanya berjarak 11 poin saja dari pembalap Tech 3 itu.


Seri berikutnya adalah GP Motegi, Jepang 15 Oktober mendatang. Motegi menjadi pembuka flying race week to week tanpa jeda dengan runtutan Philip Island (22/10) dan Sepang (29/10). Tiga seri beruntun yang bisa menentukan posisi akhir klasemen pembalap sebelum seri penutup di Valencia 12 November mendatang.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*