Suzuki Siapkan GSXR 250, Pure Sport Dengan Huruf ‘R’ Menjadi Penentu

Ada kabar baru dari Suzuki nih. Sepertinya mereka memang serius ingin bersaing di segmen sport 250 untuk ‘menemani’ pemain lama seperti Ninja 250, YZF-R25 dan CBR250RR. Ya, Suzuki tengah menyiapkan GSX-R250 untuk market Indonesia.


Dari gambar bisa terlihat rencana Suzuki untuk menelurkan beberapa motor baru dengan label ‘new’ seperti GSXR 300 dan GSXS 250/300. Nah, GSXR 300 sepertinya akan bermain di pasar Eropa dan Amerika sedangkan untuk Asia GSXR 250 lebih menjanjikan. Oke, GSXR 250, lho bukannya di China sudah ada motor sejenis?

Ini yang menarik. Jika diperhatikan penamaan GSXR 250 huruf ‘R’ ada di depan angka yang berarti nih motor pure sport. Buat ngejar performa maksudnya. Kalau GSX250 yang di China penamaannya adalah GSX 250R alias sport turing, mengejar kenyamanan riding.

Harapannya tentu saja GSXR 250 ini nantinya bisa berbicara banyak dengan rival-rivalnya. Secara performa kita percaya Suzuki akan totally di sektor ini. Bisa kita lihat pada Satria F150 dan GSX-R150 yang memiliki power terbesar di kelasnya. GSXR 250 pun RA yakin akan punya power di atas rivalnya, walau mepet-mepet. Nah yang menjadi krusial adalah apa yang ditawarkan Suzuki selain performa?


Maklum, melihat GSX-R150 walau sudah punya fitur sekelas keyless, namun selebihnya masih di bawah para rivalnya. Apalagi di kelas 250cc ini ridernya lebih aware dengan kecanggihan teknologi, tidak selalu hanya bicara soal power. Lihat saja bagaimana throttle by wire di CBR250RR mampu menghipnotis konsumen di awal keluarnya si kuda besi. Belum fitur suspensi depan upside down yang terbukti sangat superior di dunia balap menjadikan CBR250RR paling advance saat ini. R25 yang punya performa paling tinggi sebelumnya tidak mampu menggoyahkan pasar. Ninja walau performa paling inferior namun desain menjadi kekuatannya.

Nah, kira-kira nih GSXR 250 akan memiliki keunggulan di sektor apa ya? Performa atau desain atau fitur atau semuanya?

Jika mrlihat markeshare sport 250 yang makin menurun, harusnya Suzuki total untuk terjun. Berharap konsumen bisa melirik segmen ini lagi dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan si GSXR 250. Kalau hanya sekedar ikut arus, nasibnya sama saja, akan kalah lagi-kalah lagi gak peduli mau menang secara kualitas. Ingat, lawannya sudah punya kelebihan masing-masing.

Advertisements