Motor Terlaris September 2017: Honda dan Yamaha Seimbang!

Seperti biasa, pertengahan bulan musimnya Data AISI alias data penjualan secara wholesales (pabrik ke dealer) motor-motor keluaran anggota Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia selama sebulan sebelumnya. Di kategori keseluruhan, Honda masih terkuat diikuti Yamaha kemudian Kawasaki, Suzuki dan TVS. Yang paling ditunggu adalah motor-motor terlaris pada bulan itu. Bagaimana hasilnya?

Di bulan September 2017 lalu, Honda dan Yamaha masih tetap mendominasi daftar 10 motor terlaris. Keduanya tidak menyisakan satu tempatpun untuk produsen lain. Honda mengirim 5 produk, Yamaha juga 5 produk. Secara jumlah produk memang seimbang, namun jika melihat angka-angka detil per-produk terlihat bagaimana Honda begitu superior dibanding rival sesama Jepangnya itu.

Dari daftar juga bisa diketahui hanya ada dua tipe motor yang terlaris, skutik dan bebek dengan perbandingan 8 skutik, 2 bebek. Dengan kata lain tidak ada motorsport yang nangkring di daftar. Padahal di bulan sebelumnya masih ada New Vixion dan New CB150R yang bersaing ketat. Kini, keduanya memang masih ketat tapi keluar daftar.

Trio skutik Honda ini seng ada lawan

Seperti yang sudah-sudah, top 3 masih dikuasai skutik Honda. BeAT masih memimpin jauh diikuti Vario dan Scoopy. Trio ini sudah tidak bisa diutak-atik posisinya entah sejak kapan, terlalu lama mendominasi.

Baru disusul trio skutik Yamaha

Baru di posisi 4 ada Yamaha. Jika sebelum-sebelumnya Mio M3 selalu menempati posisi ini sekaligus menjadi skutik tersukses Yamaha, ternyata dalam dua bulan terakhir posisinya sudah digeser maxi skutik fenomenal, NMax 155. Dengan harga nyaris dua kali lipat Mio M3, NMax ternyata tetap diburu konsumen. Performa dan desain menjadi kekuatan motor yang diracik lokal ini. Mengekor keduanya ada Aerox 155. Dengan mesin yang sama dengan NMax, Aerox punya positioning sebagai skutik sporty. Desain gambotnya menjadi nilai lebih disamping performa dan tongkrongannya yang gahar.

Diantara serbuan skutik, bebek menjadi minoritas di daftar motor terlaris. Namun, walau selama ini pasarnya terus menurun, bebek ternyata masih punya penggemar. Buktinya, dua bebek Honda, Supra X dan Revo masih masuk jajaran motor terlaris di bulan September, bahkan bulan-bulan sebelumnya.

Duo bebek yang tidak mau kalah dengan skutik

Dan akhirnya di posisi buncit ada dua skutik Yamaha, Soul GT dan Fino. Penjualan keduanya berimbang di bawah 10 ribu unit/bulan. Silahkan simak Daftar 10 Motor Terlaris berikut ini.

Daftar 10 motor terlaris September 2017:

  1. Honda BeAT Series: 186.870 unit
  2. Honda Vario Series: 111.883 unit
  3. Honda Scoopy: 58.144 unit
  4. Yamaha NMax: 27.332 unit
  5. Yamaha Mio M3: 24.864 unit
  6. Yamaha Aerox 155: 14.809 unit
  7. Honda Supra X 125: 10.699 unit
  8. Honda Revo: 10.468 unit
  9. Yamaha Soul GT: 9.800 unit
  10. Yamaha Fino Series: 9.186 unit.

Motormu ada di nomor berapa bro? Selamat yaaa…

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*