Andrea Dovizioso Tercepat Hari Pertama MotoGP Jepang

Hampir lupa, ternyata mulai kemarin Jumat tengah berlangsung seri 15 MotoGP 2017 di Sirkuit Motegi, Jepang. Yuhuu… GP Jepang tengah berlangsung dengan dua sesi pembuka, latihan bebas (FP) pertama dan kedua. Hasilnya seperti apa? Lanjuutt…

Sesi FP1 dan FP2 berlangsung dalam kondisi basah akibat hujan yang turun di Motegi. Akibatnya, para pembalap tidak bisa mengeluarkan seluruh kemampuannya secara optimal seperti duo Yamaha misalnya. Maverick Vinales dan Valentino Rossi menjadi dua pembalap unggulan yang nampaknya tersiksa dengan trek basah.

Yamaha M1 yang mereka tunggangi tidak mampu berbicara banyak. Vinales hanya ada di posisi 9 di FP1 dan 11 di FP2. Rossi lebih buruk lagi, ke-19 di FP1 dan ke-12 di FP2. Situasi mirip duo Yamaha juga dialami pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa. Pedrosa hanya finish ke-20 di FP1 namun masih lumayan di FP2 dengan menempati posisi ke-8.

Andrea Dovizioso tercepat di lintasan basah Motegi

Kondisi berbeda dialami Marc Marquez. Marquez menjadi yang tercepat di FP1 namun tergeser ke peringkat kedua di FP2. Posisi Marquez di FP2 di geser Andrea Dovizioso yang tampil prima. Dovi akhirnya memang tampil menjadi pembalap tercepat di hari pertama MotoGP Jepang. Penampilan Jorge Lorenzo juga lumayan, stabil di posisi 4 di dua sesi latihan.

Aleix Esparagaro dan Johann Zarco juga tampil baik. Keduanya bersaing di top 5 dengan pembalap unggulan lainnya. Aleix di akhir sesi bahkan menjadi pembalap tercepat ketiga di belakang Dovi dan Marquez, sedangkan Zarco ada di posisi 5 di belakang Lorenzo.

Berikut hasil lengkap FP1 dan FP2 MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi pada Jumat (13/10/2017):

Hari ini akan dilangsungkan sesi latihan bebas ketiga dan keempat serta kualifikasi pertama dan kedua. Kita tunggu saja, apakah cuaca masih akan hujan atau sebaliknya. Siapa yang akan keluar sebagai pole atau siapa pembalap unggulan yang akan ‘dicuci’ dulu di kualifikasi pertama dan sebagainya, kita tunggu.

Advertisements