Hasil MotoGP Jepang 2017: Dovi Kembali Ngerjain Marquez Untuk Kemenangan Kelima Musim Ini

Race MotoGP Jepang 2017 diputuskan wet race alias balapan basah setelah cuaca buruk, hujan terus membasahi Sirkuit Motegi sejak hati pertama Jumat. Hasilnya, Andrea Dovizioso sukses memetik kemenangan kelimanya musim ini setelah berduel ketat dengan Marc Marquez hingga last lap, last corner dan hingga finish line! Best race this season?

Pertarungan keduanya baru terjadi di seperempat balapan terakhir setelah sebelumnya ada beberapa nama yang mencoba meraih kemenangan seperti Jorge Lorenzo dan Danilo Petrucci. Namun, Dovi dan Marquezlah yang menjadi bintang di seri ke-15 kali ini.

Pertarungan sengit nan ketat di atas aspal Motegi yang basah membuat RA yang menonton rada-rada ngeri. Selip dikit bisa buyar tuh. Namun, rain master musim ini nampaknya memang cocok disematkan pada keduanya. Baik Dovi maupun Marquez begitu lengket di atas aspal. Melihat mereka ‘menari’ di atas lintasan basah tak terasa membawa ke ujung race.

Last lap, Marquez memimpin setelah sebelumnya Dovi sempat di depan. Drama terjadi di 4-5 putaran terakhir. Dovi yang disalip Marquez di lap 22 atau 2 lap jelang finish terus memberikan tekanan pada Marquez. Berhasil, Marquez sempat ‘goyang’ di 4 tikungan jelang finish. Dovi segera menekan Marquez dan akhirnya berhasil menyalip Marquez di dua tikungan terakhir.

Namun, bukan Marquez namanya kalau menyerah. Di last corner, Marquez menyerang dan sukses menyalip Dovi. Namun, itulah yang diinginkan Dovi. Pembalap Italia itu seperti memang sengaja membiarkan Marquez masuk dari sisi dalam motornya untuk dirinya bersiap full trothle usai tikungan. Benar saja, strategi brilian Dovi berbuah manis.

Walau Marquez sukses menyalip sesaat ketika masuk tikungan terakhir, nyatanya Dovi sudah siap untuk melesat bersama Desmosedici GP17-nya selepas tikungan itu. Dan wuusss… Dovi finish 0,249 detik di depan Marquez. Wow… Dovi dua kali sudah ngerjain Marquez di last corner begini setelah sebelumnya di Red Bull Ring, Austria.

Melengkapi podium adalah Danilo Petrucci di posisi ketiga. Finish keempat dan lima Andrea Iannone dan Alex Rins, capaian terbaik Suzuki Ecstar musim ini. Jorge Lorenzo finish keenam diikuti Aleix Esparagaro, Johann Zarco dan Maverick Vinales ketujuh hingga kesembilan.

Beberapa pembalap yang gagal finish antara lain Valentino Rossi yang crash di lap keenam setelah mencoba menyalip Lorenzo. Dani Pedrosa dan Cal Cruthclow juga do not finish. Pengganti Jonas Folger di Tech 3 Yamaha, Kohta Nozane juga gagal berbuat banyak usai DNF paling awal.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*