Klasemen Pembalap MotoGP Pasca Motegi 2017

Kemenangan kelima Andrea Dovizioso musim ini dicetaknya di Motegi, Jepang, Minggu (15/10/2017) dengan mengalahkan rivalnya langsung di klasemen, Marc Marquez. Di bawah cuaca buruk hingga balapan dinyatakan wet race, Dovi berhasil mempecundangi Marquez sesaat sebelum menyentuh garis finish. Dengan kemenangan ini, Dovi kini makin menipiskan jarak dengan Marquez di puncak.


Tambahan 25 poin membuat Dovi telah mengumpulkan 233 poin, hanya selisih 11 poin dari sang pemuncak, Marquez. Posisi ketiga dan nampaknya sudah ‘menyerah’ dalam perburuan gelar adalah Maverick Vinales yang di Motegi hanya finish kesembilan dengan 203 poin.

Finish ketiga, Danilo Petrucci kini makin mengancam posisi Jorge Lorenzo di peringkat ketujuh. Petrux telah mengumpulkan 111 poin atau hanya tertinggal 5 poin saja dari Lorenzo.

Sementara itu, tidak ada tambahan satu poinpun yang dilakukan pembalap senior, Valentino Rossi dan Dani Pedrosa. Keduanya harus mengakhiri lomba lebih awal akibat crash. Pedrosa dan Rossi berada di posisi 4 dan 5 dengan raihan angka 170 dan 168 poin.

Sementara itu, kesuksesan dua Suzuki Ecstar finish keempat dan kelima menjadi hasil terbaik mereka musim ini. Namun, tambahan 13 dan 10 poin belum mampu membawa keduanya merengsek ke papan atas. Andrea Iannone kini mengoleksi 50 poin di peringkat 15 dan Alex Rins dengan 38 poin di peringkat 18.


MotoGP musim ini tinggal menyisakan 3 seri lagi. Dua seri ke depan akan berlangsung dalam dua minggu ke depan dimulai dari Philip Island dan Sepang sebelum akhirnya ditutup di Valencia November mendatang. Pertarungan memperebutkan titel juara nampaknya tinggal mengerucut ke dua nama saja, Marquez dan Dovizioso. Walau secara matematis peluang Vinales masih terbuka, namun melihat performanya sepanjang paruh musim kedua ini rasanya berat bagi Vinales dan Yamaha M1 untuk menyaingi kecepatan Desmosedici GP17 dan RC213V.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*