Melongok Fitur Canggih Yamaha Mio S


PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) baru saja merilis skutik anyarnya di kelas 125 cc beenama Mio S pada Sabtu (14/10/2017) di Jakarta. Mio S digadang-gadang merupakan skutik entry level 125 cc terlengkap dan paling joss saat ini. Fitur-fitur yang dibenamkan menarik untuk kita kupas satu-persatu agar brosis bisa lebih dalam informasi yang diperoleh perihal Mio S ini. Cekidot…


Mio S ini nampaknya menyasar para wanita muda di luar sana yang menginginkan kepraktisan sebuah motor tunggangan harian namun tetap bisa bergaya dan canggih. Hal ini terbukti dengan digandengnya penyanyi cantik Isyana Sarasvati sebagai brand ambassador.


Yamaha Mio S ini dibekali sejumlah fitur-fitur andalan khas Yamaha dan beberapa fitur baru yang canggih. Sebut saja misalnya teknologi Bluecore yang membuat Mio S lebih irit hingga 50% dalam konsumsi bahan bakar. Juga ada jeroan mesin diasil silinder dan forged piston yang sudah terbukti kehandalannya di beberapa produk Yamaha sebelumnya.


Fitur lainnya yang ditawarkan Mio S adalah lampu depan yang sudah menganut teknologi Light-Emitting Diode (LED) yang membuat konsumsi listrik lebih irit namun lampu jadi lebih terang, modern dan awet serta nyaman saat berkendara di malam hari.

Masih di bagian lampu depan, Mio S kini juga sudah dibekali lampu hazard, fitur yang mulai rutin dihadirkan Yamaha sejak kehadiran Aerox 155. Fitur ini untuk memberi tanda dalam situasi darurat (sesuai UU no 22 tahun 2009 peraturan berlalulintas pasal 121 ayat 1).


Di bagian stang kemudi ada fitur Smart Lock System (SLS) yang ada di bagian handle rem sebelah kiri. SLS membuat motor aman ketika harus mengunci rem saat berhenti di tanjakan atau turunan. Praktis, cukup dengan 1 jari.


Ke dashboard speedometer. Yamaha masih mengandalkan speedometer analog baik untuk penunjuk kecepatan maupun indikator bahan bakar. Ada eco indicator yang merupakan indikator irit yang membantu berkendara lebih ekonomis, aman dan nyaman.


Beralih ke ruang pijakan kaki. Mio S ternyata punya ruang pijakan yang lega sehingga berkendara semakin nyaman dan rileks untuk dikendarai. Untuk yang bertinggi 170cm nampaknya masih aman alias tidak mentok kaki ke dashboard depan.


Bergeser ke tengah ada tangki bahan bakar dengan kapasitas 4,2 liter. Jarak tempuh lebih jauh dengan kapasitas tangki bahan bakar paling besar dikelasnya.

Lalu bagasi, bagasi yang luas dan lega untuk menampung barang bawaan lebih banyak. Tentu saja tidak bijak jika membandingkannya dengan bagasi NMax yang bisa untuk tempat mandi bayi.

Sebab, walau bagasi Mio S cukup luas, namun hal itu tidak membuat dimensi Mio S gambot justru lebih ramping dan ringan. Lebih mudah berkendara dan bermanuver di kemacetan.


Salah satu fitur baru yang disematkan di Mio S adalah Answer Back System (ABS) yang dapat membantu brosis menemukan lokasi parkir motor kesayangan karena cukup menekan tombol remote sekali untuk membuat 4 lampu sein berkedip.


Dan fitur unggulan lainnya adalah aplikasi ban tubeless dan tapak lebar dengan ukuran ban depan 80/80-14 dan belakang 100/70-14. Kali ini Yamaha sudah mulai merubah paradigma kaki-kaki skutiknya menjadi lebih kekar setelah beberapa tahun terakhir dihujani kritik soal satu ini. Namun, nampaknya desian velg masih belum mendapat sentuhan baru.


Dengan seabrek fitur di atas, Mio S hanya dibanderol Rp 15.750.000,- untuk otr Jakarta. Ada 4 pilihan warna yang disediakan yakni Smart White (putih), Strong Black (hitam), Spirit Red (merah marun) dan Special Green (hijau toska). Bagaimana, tertarik?



Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*