Aleix Espargaro Pimpin Rombongan Top 10 Ke Q2, Lorenzo dan Rossi Q1

MotoGP seri ke-16 atau tiga seri jelang pamungkas di Valencia November mendatang dilangsungkan di Philip Island, Australia, mulai Jumat sampai Minggu (20-22/10/2017). Pada saat artikel ini dibuat, sesi latihan bebas pertama hingga ketiga telah usai. Artinya, sudah bisa dilihat siapa saja pembalap yang masuk top 10 untuk langsung meluncur ke sesi Kualifikasi Kedua (Q2). Siapa saja?

Sedikit flashback, FP1 menjadi milik Marc Marquez sedangkan secara umum sesi Jumat menjadi milik Aleix Espargaro yang secara mengejutkan menjadi yang tercepat di FP2. Catatan waktu para pembalap di FP2 menjadi yang paling kencang. Lalu, bagaimana dengan FP3 yang dilangsungkan beberapa saat yang lalu? di FP3, Marquez kembali menjadi yang tercepat. Sayang hujan yang turun membuat latihan menjadi wet race. Otomatis, catatan waktu para pembalap tidak akan mampu lebih baik dari FP2.

Artinya, catatan waktu di FP2 menjadi laptime terbaik. Dengan kata lain, posisi top 10 pembalap tercepat sama dengan hasil di FP2. Silahkan cek grafis berikut:

Aleix Espargaro memimpin rombongan pembalap yang langsung menuju Q2. Secara umum posisi top 10 masih dihuni muka lama. Selain kejutan Aleix, Marquez dan Andrea Dovizioso masih akan terus bersaing memperebutkan pole position. Hadir pula Andrea Iannone yang di Motegi kemarin bisa finish keenam, hasil terbaiknya musim ini dan nampaknya tren positif terus diperlihatkannya dengan menempati posisiĀ  ke-7.

Sedangkan pembalap papan atas yang harus ‘dicuci’ dulu di Q1 adalah Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi yang berturut-turut ada di posisi 10 dan 11. Keduanya seharusnya bisa menjadi top 2 terbaik di Q1 kemudian melaju ke Q2. Kita tunggu saja…

 

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*