Hasil MotoGP Australia 2017, Persaingan Marquez-Dovi Antiklimaks!

Marc Marquez meraih kemenangan krusial di MotoGP Australia, Minggu (22/10/2017). Marquez tak terbendung hingga menyentuh garis finish lebih dahulu. Posisi kedua dan ketiga menjadi milik duo Yamaha.

Kemenangan krusial jelang akhir musim di tengah ketatnya persaingan dengan rival, Andrea Dovizioso. Krusial sebab ketika Marquez menang, Dovi justru terjerembab di posisi ke-13. Praktis, seri Ke-17 Sepang Malaysia kita sudah bisa berharap sang juara dunia akan ditentukan. Marquez di pole dengan keunggulan besar.

Balapan GP Australia sendiri berlangsung seru. Bahkan, hingga balapan menyisakan 8 putaran, rombongan pembalap terdepan masih berjumlah 7 pembalap. Wow… 7 pembalap punya kesempatan untuk meraih kemenangan.

Marquez harus bersaing dengan Rossi yang lapar gelar, Vinales yang bertekad bangkit, Zarco yang agresif, Andrea Iannone yang justru di akhir musim mulai menonjol, Cal Crutchlow yang stabil serta Jack Miller yang tidak mau kalah di balapan kandang.

Benar saja, pimpinan balap silih berganti. Vinales yang punya kesempatan menang sempat memimpin race dengan Rossi, Marquez dan Zarco tepat di belakangnya. Dalam sebuah kesempatan, Vinales bersenggolan dengan Iannone dan akhirnya harus merosot ke posisi 6.

Kesempatan bagi Marquez yang segera mengambil alih balapan. Rossi tidak mau membiarkan Marquez nyaman di depan. Namun, Rossi harus juga mewaspadai agresivitas Zarco yang tepat di belakangnya. Namun, pengalaman Rossi mampu menutup celah bagi Zarco untuk menyalipnya.

Justru di last lap, Zarco harus menahan gempuran Vinales yang dengan cepat sudah ada di belakangnya. Dan, benar saja keunggulan motor mampu dimanfaatkan Vinales untuk overtake Zarco di detik akhir jelang garis finish.

Sementara itu, Rossi nampaknya tidak mampu lagi mengejar Marquez yang makin nyaman di depan. Akhirnya, Marquez meraih kemenangan keenamnya musim ini di Australia atau kedua setelah tahun 2015 di tempat yang sama. Rossi runner up walau belum pulih 100%.

Tambahan 25 poin bagi Marquez membuatnya unggul 33 angka dari Dovi yang kali ini hanya finish ke-13 alias hanya menambah 3 poin saja.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*