Motor Listrik Yamaha E-Vino ‘Magang’ Di Kebun Raya Bogor


Yamaha Indonesia mulai serius membangun keberadaan motor non bahan bakar fosil alias motor tenaga listrik. Bertempat di Elite Club Epicentrum, Jakarta, Rabu (1/11/2017) PT YIMM memperkenalkan motor listrik E-Vino yang mengambil basis desain Yamaha Fino. Bakal dibanderol berapa? Apa maksud peluncuran saat ini?

E-Vino belum akan dijual ke khalayak umum, Yamaha merilis motor imut ini untuk menjajaki pasar tanah air. Acara perkenalan E-Vino merupakan bagian dari proyek besar Yamaha untuk melihat penerimaan pasar tanah air dengan tajuk “Market Trial”. Artinya, Yamaha masih terus melakukan penjajakan pasar motor listrik di tanah air.


Rencananya, E-Vino akan ‘dititipkan’ di sejumlah lembaga yang diajak kerjasama untuk digunakan secara internal di linkungan lembaga tersebut. Ada Kebun Raya Bogor, Universitas Pelita Harapan (UPH), PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia dan The Breeze BSD yang diikat kerjasama oleh Yamaha untuk “Market Trial” E-Vino.

Motor bertenaga listrik sebenarnya bukanlah hal baru bagi Yamaha. Tahun 1993 Yamaha Motor Company memasarkan Electrical Support Bicyclepertama yaitu Yamaha PAS (Power Assist System). Hasilnya, luar biasa. Sekitar 4 juta unit Yamaha PAS mampu terjual di sejumlah negara Eropa dan Jepang.


Sedangkan untuk motor listrik sendiri, Yamaha memperkenalkannya tahun 2002 lewat Yamaha Passol. Yamaha kemudian terus melakukan pengembangan dengan berturut – turut memperkenalkan EC-02, Passol-L, EC-03 dan E-Vino serta di ajang Tokyo Motor Show memamerkan beberapa motor sports listrik andalan. Hingga saat ini penjualan motor listrik Yamaha telah merambah kawasan Eropa dan di negara Asia seperti Jepang dan Taiwan dengan total penjualan lebih dari 10.000 unit.


Kids Jaman Now sudah harus tahu bahwa ke depan motor bertenaga listrik akan mulai populer seiring semakin menipisnya cadangan energi fosil di perut bumi kita. Yamaha punya E-Vino, sebelumnya ada Viar Q1, juga Gesits hasil besutan Garansindo Grup, Honda tak mau ketinggalan dengan EV-Neo, semuanya mulai menyediakan dana besar untuk riset motor listrik. Bukan tidak mungkin, walau masih butuh waktu lama, motor-motor listrik akan mulai ‘menjajah’ jalanan tanah air. Siap?

Honda EV-Neo
Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*