All New Vixion Makin Tertinggal Dari New CB150R, Gara-Gara Desain Nih!

Bukannya fightback, All New Vixion justru makin terpuruk. Padahal sang rival, New CB150R juga tengah menurun. Itulah gambaran umum data AISI Oktober 2017 kelas naked sport 150. New CB150R masih berjaya dihadapan New Vixion dan GSX-S150.

Sebenarnya marketshare motorsport di bulan Oktober kemarin mengalami penurunan cukup tajam. Jika di September sempat menyentuh angka 45 ribuan unit, Oktober turun ke angka 39 ribuan unit. Padahal penjualan (wholesales) total motor secara nasional di bulan Oktober justru melesat tertinggi dibanding bulan-bulan sebelumnya. Bisa jadi konsumen sudah eneg dengan naked sport 150 yang harganya sudah hampir menyentuh angka 30 jutaan.

Dengan harga yang mirip mending membeli maxi skutik yang lebih gagah dan nyaman. Ini menurut RA lho… lalu, berapa penjualan All New CB150R, New Vixion dan GSX-S150?


New CB150R walau turun dari penjualan September yang mencapai 8.266 unit, kini Oktober New CB150R ‘hanya’ terjual sebanyak 6.420 unit (turun 22%). Angka ini masih jauh lebih tinggi dari penjualan New Vixion yang hanya mencapai 3.897 unit, jauh turun dari bulan September yang mencapai 6.598 unit (turun 41%) alias nyaris setengahnya! GSX-S150 sudah paling kecil angkanya, turun pula. Dari 187 unit menjadi 143 unit saja atau turun sekitar 23%.

Hampir bisa dipastikan, Yamaha salah besar dengan konsep desain All New Vixion terbaru. Sebab, jika harga atau performa yang dijadikan acuan, di jaman New Vixion Lightning atau Advance walau performa mesin SOHC selalu dianggal inferior dari DOHC, toh penjualan tetap memimpin. Jika dibiarkan begini terus, kasus Mio yang kini ngos-ngosan ngejar BeAT akan terulang kembali. Dan, dijamin akan susah bangkitnya!


Jika dulu, sebelum tahun ini Yamaha punya kekuatan di sisi desain, Honda unggul di nama besar brand sehingga Yamaha masih bisa memberikan perlawanan, kini kondisinya berbalik. Beberapa produk terakhir yang diluncurkan, Yamaha seolah kehilangan kreativitas mendesain motor baru. Tidak ada lagi desain out of the box yang di awal dicaci maki tapi kemudian makin dicintai, tidak ada lagi nafas Yamaha di desain-desain motor barunya, kecuali di maxi skutik yang justru kini menjadi identitas baru Yamaha. Jika mau menang lagi, Yamaha harus merombak tongkrongan All New Vixion menjadi lebih advance dan keren. Tapi apa iya, lha wong umurnya masih seumuran jagung.

Advertisements

1 Comment

  1. Nva udah bagus bagus malah dirusak oleh desain spbu….muka kek curut tengki kek dada binaraga buntut cupu..mio jilid dua terulang lagi

1 Trackback / Pingback

  1. R15 VVA Tidak Juga Mampu Kalahkan CBR150R, Gara-Gara Harga? | rideralam.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*