Calon Skutik Anyar Suzuki Terpantau Di Jalanan, 115cc dan Harus Beda!

Pagi-pagi baca timeline twitter @karismapr (follow ya) sudah disuguhi sebuah link artikel dari mas iwb tentang penampakan sebuah skutik misterius yang tengah dites jalan. Menurut blogger asli Tulungagung itu, skutik misterius yang dijepret pembacanya bernama bro Aditya adalah dari Suzuki dengan memperhatikan ciri khas pabrikan berlogo ‘S’ itu kala melakukan tes motor baru.


Nah, yang RA garis bawahi ada dua poin penting yang IWB katakan yakni:
1. Dan memperhatikan dari fisik IWB cukup yakin inilah skutik 115cc Suzuki yang konon akan lahir tahun depan…
2. Kita berharap skutik baru nanti menawarkan sesuatu yang berbeda supaya mampu mencuri perhatian market tanah air agar persaingan lebih seru.

Oke, poin pertama adalah ini skutik entry level, skutik dengab kapasitas mesin 115cc. Suzuki cukup cerdik bermain di area yang tidak dimainkan Honda dan Suzuki. Honda tidak punya skutik dengan kapasitas mesin 115cc. Mereka bermain di kelas 110cc (BeAT, Vario 110) dan kelas 125 serta 150cc (Vario 125 dan Vario 150).

Ada dua hal yang bisa kita lihat. Pertama Suzuki punya keuntungan jika bermain di blue ocean, tanpa rival tentu fokus publik hanya ke satu produk yang Suzuki punya. Tentunya, konsumen dibuat seolah ‘tidak ada pilihan lain untuk meminang skutik kelas ini, ya Suzuki 115cc’. Peluang laris terbuka.

Namun kedua, di sisi lain bermain di area sendirian bukan tanpa resiko. Skutik 115cc tentu saja bukan pilihan populer di tengah gempuran skutik 125 bahkan 150cc. Tentu saja Suzuki harus memberikan sesuatu yang beda dengan skutiknya tersebut agar konsumen mau meliriknya. Selain desain yang menurut IWB lumayan cakep, fitur dan teknologi juga harus diperhatikan.

Nah, pertanyaannya adalah apa ‘sesuatu yang berbeda’ itu?

Power dan torsi tertinggi. Ini bisa dijadikan opsi pertama. Biarkan saja kapasitas mesinnya hanya 115cc, tapi jika Suzuki mampu memberikan power maksimal serta torsi tertinggi skutiknya ini di atas skutik 125cc rival, tentu ini akan menggegerkan. Konsumen tentu akan berpikir ‘ngapain juga beli skutik sebelah yang 125cc tapi performanya kalah dengan yang 115cc’. Nah masuk…

Kedua, suspensi. Bicara skutik tentu bicara kenyamanan. Kenyamanan bisa diperoleh salah satunya dari suspensi yang empuk tapi tetap stabil melibas tikungan. Sejauh pengamatan RA belum ada skutik yang memiliki kesempurnaan settingan di sektor ini. Ada yang empuk, tapi geol-geol saat melibas tikungan. Ada pula yang mantab melibas tikungan tapi keras bikin pinggang encok. Jika Suzuki bisa meramu dua hal ini, poin unggulan selain performa.

Ketiga, konsumsi bahan bakar yang irit. Tanpa penjelasan panjang lebar ini adalah kelebihan yang paling dicari konsumen tanah air. Skutik powerfull, nyaman dan tentu saja harus irit. Sebuah keinginan simpel tapi bikin pusing pabrikan. Sekali lagi, jika skutik Suzuki 115cc bisa lebih irit dari skutik 110cc, cadas!

Keempat, fitur kekinian. Beragam fitur-fitur dari yang simpel hingga canggih wajib ada di skutik Suzuki ini. Keyless ignition bisa jadi opsi, bisa disandingkan dengan alarm. Fitur simpel yang sering dilupakan di skutik entry level adalah adanya penunjuk waktu alias jam di speedometer, Suzuki bisa jadi yang pertama untuk ini. USB Charger juga bisa dimasukkan. Speedometer full digital akan dipilih Suzuki? Atau suspensi depan berwarna gold dan kaki-kaki gambot? Semua opsi yang beda harus dipertimbangkan.

Kelima, harga. Apapun dari keempat faktor di atas muaranya adalah ke soal harga jual. Untuk satu ini RA percaya Suzuki adalah masternya. So, jangan heran jika ke depan ada skutik 115cc Suzuki seharga di bawah skutik 110cc rival. Minat?


Kita tunggu saja jika Suzuki benar-benar mewujudkannya nanti. Beli ya jangan jass jess joss saja hahahaha…

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*