Antiklimaks di Penghujung Lomba, Marquez Raih Gelar Juara Dunia MotoGP 2017!


Ricardo Tormo menjadi sirkuit terakhir gelaran MotoGP 2017. Sirkuit yang terletak di Valencia, Spanyol tersebut menjadi saksi bisu keberhasilan Marc Marquez mengunci gelar juara dunia ketika balapan belum sepenuhnya usai. Ya, Marquez pastikan merebut gelar juara dunia MotoGP 2017 setelah sang rival terdekatnya, Andrea Dovizioso terjatuh beberapa lap jelang finish.

Antiklimaks bagi Dovi dan para pendukungnya. Dan selamat buat Marquez untuk gelar keenamnya sepanjang karir balapnya di balapan grand prix MotoGP untuk semua kelas atau keempat di kelas premier MotoGP.


Pertarungan Marquez vs Dovi di seri pamungkas MotoGP Valencia sejatinya tidak menggambarkan sebuah pertarungan head to head calon juara dunia. Marquez yang start terdepan masuk rombongan pertama selepas start dengan Johann Zarco sebagai pembalap terdepan. Sementara itu, Dovi justru masih terjebak di rombongan kedua alias berada di posisi keenam, setelah start dari posisi sembilan.

Walau jarak waktu dengan Marquez tidak terlalu lebar, namun Dovi terlihat kesulitan untuk mendahului beberapa pembalap di depannya, dimana salah satunya adalah rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Bahkan, di suatu momen tim Ducati sudah memberikan kode mapping 8 seperti yang dilakukan di GP Malaysia dimana artinya Lorenzo harus memberi jalan bagi Dovi, namun ternyata hingga lima kali kode itu dikirim Lorenzo tidak juga mau mundur. Jadi, Dovi seperti tidak hanya harus taklukkan Marquez tapi juga kalahkan egoisme seorang Lorenzo.

Pada akhirnya Lorenzo memang ‘memberi jalan’ bagi Dovi namun karena dirinya terjatuh di lap 24, yang sayangnya pula diikuti Dovi juga terjatuh ke gravel. Sempat berusaha melanjutkan balapan, akhirnya Dovi ‘menyerah’ dan gagal meneruskan lomba. Race titel pun usai, Marquez yang satu lap sebelumnya nyaris crash, akhirnya hanya melakukan balapan seremonial menyelesaikan kewajiban 30 lap saja untuk selebrasi gelar juara dunia keenamnya.


Balapan sendiri akhirnya dimenangkan Dani Pedrosa yang di last lap sukses mendahului Zarco. Zarco nyaris meraih kemenangan pertamanya musim ini setelah memimpin hampir sebagian besar balapan di Valencia. Sayang, di putaran terakhir Ia tidak mampu membendung Pedrosa yang lebih berpengalaman di Ricardo Tormo. Marquez finish ketiga.


Di papan klasemen, perolehan poin akhir Marquez menjadi 298 unggul 37 angka dari Dovi yang menjadi runner up dengan 261 poin. Peringkat ketiga menjadi milik pembalap debutan Yamaha, Maverick Vinales yang kali ini hanya finish ke-12. Vinales mengumpulkan 230 angka. Pedrosa menempati peringkat keempat dengan 210 poin diikuti Valentino Rossi kelima dengan 208 poin. Zarco yang menjadi Rookie of The Year 2017 menempati posisi kelima dengan 178 poin mengalahkan seorang Lorenzo di peringkat keenam dengan 137 angka.


Selamat untuk Marquez, sampai jumpa di MotoGP 2018!

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*