Misinya Cari_Aman, Tapi Helmnya Cari_Penyakit!

Lagi ramai banget soal helm bawaan trail anyar Honda CRF150L yang terlihat ‘maksa’ banget yakni TRX-3. Helm legendaris dari Honda, apapun motor yang situ beli, helmnya pasti TRX dengan seri 1 hingga 3 ini. Sebuah ‘kewajiban’ dari produsen memberikan helm dalam paket pembelian motor baru sebagai wujud komitmen perlindungan konsumen di jalan, namun jika komitmen yang bernama keselamatan konsumen justru terlihat bertentangan dengan helm yang didapatkan, jawabnya adalah TRX-3 ini.

Honda (baca AHM) selama ini concern dengan sebuah misi keselamatan pengendara di jalan raya yakni dengan tagline Cari_Aman. Tagline yang dimaksudkan bahwa pengendara motor Honda sebaiknya mencari jalan aman selama di jalan raya dengan tidak menjadi penyebab kekacauan di jalanan misalnya. Cari_aman identik dengan perilaku pengendara di jalan raya, kelengkapan motor dan tentu saja safety gear yang digunakan. Dengan cari_aman sebenarnya Honda mengajak sekaligus memberikan edukasi keselamatan berkendara di jalan raya. Lalu, apa wujud dari cari_aman selanjutnya?

Bisa dengan pemberian pelatihan safety riding yang sudah rutin dan sering dilakukan AHM, baik kepada konsumennya, komunitas motor maupun blogger. Salah satu bentuk dukungan cari_aman adalah dengan memberikan safety gear yang tepat pada setiap pembelian motor baru mereka. Lalu, bagaimana jika safety gear yang diberikan, helm misalnya, ternyata seperti ini?


Ya, itulah helm bawaan yang akan brosis dapatkan jika membeli motor anyar CRF150L. Sebuah helm dengan style helm trail bisa dilihat dari sudak helm yang panjang, namun rada janggal ketika melihatnya. Helm tidak full face, hanya berjenis half face yabg justru di dunia gasruk tanah seakan-akan haram dipakai karena tingkat keselamatannya lebih tinggi. Apa yang dilakukan AHM dengan TRX-3 nya ini menjadi antitesis dari tagline cari_aman selama ini.

Dengan helm ala kadarnya seperti TRX-3 ini bukan cari_aman yang didapat, tapi cari penyakit. Bayangkan jika brosis sedang trabas medan ekstrem, eh helmnya model beginian, apa yang akan terjadi?

Namun, dengan pemberian parah beginipun bukan Honda namanya jika tidak ada yang membela. Mereka menyebutnya, bisa beli motor 30 jutaan koq gak mampu beli helm bagus. Sekarang kita balik saja, jual motor mahal koq kere banget ngasih helm parah begini. C’mon bro, ini bukan soal mampu tidaknya beli helm lebih manusiawi, tapi soal komitmen dari produsen yang ingin konsumennya dapat aman di jalan, bukan justru beresiko celaka dengan helm pemberian yang kualitasnya hancur-hancuran. Honda ataupun AHM seperti menggali kuburnya sendiri dengan TRX-3 nya ini.

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*