11 Tips Meminimalisir Resiko Celaka Di Jalan Raya

image

Rideralam.com – Berkendara, siapapun itu pasti tidak ingin mengalami kecelakaan (kecuali yang niat bunuh diri). Persiapan pra-riding menjadi salah satu kunci kesiapan kita mengarungi jalan raya. Kondisi jalan raya yang sulit ditebak juga menjadi semacam handicap keselamatan. Tidak jarang ketika semua sudah dipersiapkan dsri rumah masih saja mengalami kecelakaan gara-gara lubang di jalan yang samar.

Apalagi jika kita berkendara secara ugal-ugalan, tidak menghargai pengendara lain, atau istilah kerennya tidak beretika di jalan raya, hampir bisa dipastikan celaka hanya menunggu waktu saja. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan untuk meminimalisir resiko kecelakaan di jalan raya?

Berikut ini 11 tips meminimalisir kecelakaan di jalan raya versi TMC Polda Metro Jaya, yaitu:

1. Pastikan kondisi fisik dan jiwa yang sehat, lakukan pemanasan sebelum berangkat ke tujuan.
2. Pastikan sepeda motor yang akan digunakan benar-benar siap selama dalam perjalanan, mulai dari kesiapan kondisi mesin kendaraan, ban, rem, kopling, oli, handle gas, lampu depan, lampu rem, sign, rantai, busi, bahan bakar dan surat-surat (SIM dan STNK).
3. Gunakanlah helm full face atau helm standar (SNI) baik bagi pengemudi maupun pembonceng. Memakai kacamata dengan UV (Ultra Violet) protection di siang hari agar tidak silau dan pandangan mata lebih jelas.
4. Menyangkut kemungkinan perubahan cuaca, pengendara sepeda motor harus mempersiapkan jaket, sepatu, body protector, sarung tangan, kacamata dan jas hujan.
5. Bagi pembonceng wanita, sebaiknya tidak duduk menyamping melainkan harus menghadap ke depan.
6. Untuk menyeberang pastikan lalu lintas aman, barulah menyeberang.
7. Perjalanan di kota kecepatan tidak lebih dari 60km/jam, jangan berjalan dengan zig-zag, apalagi jika memboncengkan balita atau orang tua.
8. Jangan membawa muatan yang melebihi ketentuan (lebih dari 2 Orang).
9. Patuhilah rambu-rambu lalu lintas sepanjang rute perjalanan dan etika berlalu lintas.
10. Nyalakan lampu utama pada siang hari dan gunakan lajur jalan paling kiri.
11. Hal yang tak kalah penting adalah berdoa memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebelum mengawali perjalanan.

Celaka bisa datang kapan saja, ada baiknya kita menyiapkan perangkat keselamatan dan sikap yang benar ketika berkendara, setidaknya bisa mencegahnya. Jika sudah terjadi, itu namanya takdir.

Pic: Parkrec

[display-posts tag=safety]

Contact Me On:

Whatsapp: +6287712727000
E-mail: karis.nsz@gmail.com
Twitter: @karismapr
Google+: Karis Mauyy
Path: Karis Mauyy

Advertisements

Comments are closed.