12 Tips Menulis Blog (2)

image

RiderAlam.comMelanjutkan tulisan 12 tips menulis blog bagian pertama, kali ini adalah 12 tips menulis blog bagian kedua. Langsung saja kita mulai.

1-6

7. Gunakan kata-kata familiar
Pembaca blog kita akan sangat beragam dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Jadi, sebaiknya dalam menulis kalimat demi kalimat gunakan kata-kata yang familiar alias umum digunakan. Penggunaan kata-kata yang sulit atau tidak umum sebaiknya dilink-kan ke alamat web yang bisa menjelaskan arti kata tersebut, ke wikipedia misalnya.

8. Balaslah komentar yang masuk
Poin penting dari aktivitas blogging adalah interaksi antara blogger dan pengunjung. Membalas komentar merupakan salah satu bentuk interaksi. Komentator tentu saja sangat senang jika si blogger menyempatkan diri merespon komentarnya. Ini akan menyebabkan terjalin sebuah “ikatan” antara blogger dan pengunjung sehingga pengunjung akan betah berlama-lama di blog kita

9. Atur waktu posting
Waktu terbaik mem-publish artikel adalah pagi hari, ketika orang-orang hendak beraktivitas. Pemilihan waktu posting cukup penting agar atensi pembaca lebih besar. Kurang bijak misal kita posting artikel jam 2 pagi, siapa yang hendak membaca?!

10. Buat artikel kontroversial
Sesekali kita perlu membuat tulisan yang “menentang arus”. Hal ini akan membuat atensi pembaca lebih tinggi, sebab mereka tentunya akan bosan dengan semua artikel dengan berita dari sudut pandang  yang sama, tentunya alternatif topik lain bisa menjadi pengalih perhatian mereka. Namun ingat, efek artikel kontroversial adalah spontan artinya jangan terlalu sering membuat artikel kontroversial. Bukannya unik dan aneh jika terus ada akan menjadi biasa?

11. Blog bukan email
Blog adalah jurnal online, tentu saja kita tidak perlu menuliskan dear diary, hai atau hello sebab nama kita sudah tercantum di bawah/atas tulisan.

12. Gunakan kata-kata yang ramah
Dengan kata-kata yang ramah, pembaca akan senang berkomentar di blog kita. Blogpun akan semakin ramai dikunjungi orang-orang.

Bagaimana, apakah 12 tips menulis blog di atas sudah cukup membuat brosis mulai nge-blog? Atau siap untuk meningkatkan kualitas blogging kita? Jika brosis siap, selamat datang di dunia blogging!

Tamat

Baca Juga:
[display-posts tag=tips]
[display-posts tag=blogging]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Twitter: @karismapr
e-mail: karis.nsz@gmail.com

Advertisements

Comments are closed.