Loyalitas dan Penghargaan

Loyalitas adalah kesetiaan. Loyalitas di sini adalah tentang para pemain senior I Rossoneri. Penghargaan merupakan sebuah apresiasi dari sebuah loyalitas. Penghargaan di sini adalah AC Milan. Dua kata itu memiliki kaitan yang sangat erat dan sangat emosional. Karena berhubungan dengan wkatu yang tidak sebentar dan pengorbanan.

AC Milan telah berhasil mengamankan Scudetto ke-18 sepanjang sejarah klub di musim 2010-2011 ini. Jumlah scudetto yang akhirnya sama dengan saudara sekotanya, Inter Milan. Di balik kesuksesan itu terdapat pemain-pemain hebat di belakang, selain tentunya pelatih jenius dan manajemen klub dalam bursa transfer yang efektif.

Namun, dibalik perayaan pesta terdapat kegundahan dari beberapa pemain senior yang akan segera habis masa kontraknya di Milan. Mulai dari yang tersingkat Mark van Bommel (kontrak setengah musim dari Januari 2011), Alessandro Nesta, Filippo Inzaghi, Clarence Seedorf, Andrea Pirlo, Massimo Ambrossini, Massimo Oddo hingga  Marek Jankulovski. Loyalitas mereka dipertaruhkan di sini. Kebijakan Milan adalah mau memperpanjang kontrak pemain-pemain senior dengan catatan ada penyesuaian gaji alias pemotongan gaji yang disesuaikan dengan umur dan kontribusi. Secara, umur pemain-pemain tersebut semuanya di atas 30 tahun.

Yang telah pasti tidak akan memperpanjang kontrak adalah Marek Jankulovski, karena dia hendak pulang kampung, bermain di negara asalnya Rep. Ceska dan menutup karir di sana.

Mark van Bommel akhirnya diperpanjang masa kerjanya di Milan untuk setahun ke depan. Milan berhasil mengamankan sisi bertahan lini tengah untuk musim 2011-2012 pada sosok van Bommel.

Filippo Inzaghi telah menyatakan kesetiaannya untuk bertahan di Milan dengan target pribadi ingin mengakhiri karir emasnya di klub itu. Alessandro Nesta santer dikabarkan hendak kembali ke klub asalnya, Lazio untuk kemudian menutup karir. Walaupun sudah memasuki usia senja, namun Nesta masih merupakan bek terbaik di Milan dengan tandemnya yang juga hebat, Thiago Silva. Duet Center Back tua muda ini mampu membuat gawang Milan hanya kebobolan 24 goal sepanjang musim ini (sampai pekan 37), yaitu jumlah tersedikit diantara semua klub di serie A.

Clarence Seedorf mendapat tawaran untuk bermain di Liga Brazil bersama Corinthians, hal yang kemungkinan bisa terjadi karena istri dia berasal dari Brazil. Namun, dia masih ingin bertahan paling tidak semusim lagi di Milan.

Andrea Pirlo juga menginginkan bertahan. Tapi pemain bersangkutan tidak ingin gajinya dipotong, sehingga pihak klub agak berat untuk mempertahankan. Akhirnya setelah melalui pembicaraan yang penuh kekeluargaan, Pirlo dan klub sepakat untuk berpisah, setelah 10 tahun yang kebersamaan. Milan akan kehilangan seorang maestro lini tengah dan tendangan bebas yang nyaris selalu menjadi ruh permainan. Namun, life must go on. Milan tetaplah sebuah klub yang harus berjalan walau tanpa Pirlo, sebuah pintu regenerasi terbuka. Pirlo sepertinya tidak akan sulit untuk mendapatkan klub baru, mengingat skill dan kemampuannya masih hebat. Juventus sangat berminat untuk menduetkan Marchisio dengan Pirlo seiring dengan ketidakjelasan status pinjaman Aquilani dari Liverpool. Kemudian ada Chelsea dengan Ancelotti yang juga berhasrat meminang deep playmaker ini. Ancelotti adalah pelatih yang menemukan bakat Pirlo untuk posisi deep playmaker sewaktu masih membesut Milan. Selanjutnya adalah Klub kaya dari kota Machester, Manchester City dengan kekuatan finansial pemiliknya. Man. City berminat untuk mengganti posisi Patrick Vieira dengan pemain timnas Italia ini.

Andrea Pirlo, deep playmaker "ciptaan" Ancelotti
Andrea Pirlo

Massimo Oddo juga mengatakan ingin bertahan di Milan, mungkin sampai akhir karirnya.

Terakhir adalah Il Capitano, Massimo Ambrossini. Kapten Milan di musim ini juga akan segera habis masa kerjanya di Milan, sehingga kedua pihak harus mencari solusi terbaik untuk ke depan. Sejauh ini, belum ada kesepakatan apapun tentang Max Ambrossini.

Anyway, program Milan untuk musim 2011-2012 dalah salah satunya regenerasi pemain. Terdapat paling tidak 4 pemain primavera yang telah mendapat kesempatan bermain di tim utama musim ini, yaitu gelandang enerjik Rodney Strasser, midfielder Alexander Merkel, striker Nnamdi Odumadi dan rising star tim primavera striker Giacomo Beretta. keempat pemain tersebut harus mendapat kesempatan lebih banyak untuk musim depan, dengan bimbingan dari pemain senior. Sehingga target Milan untuk kembali merajai Eropa dan Dunia bisa terwujud.

Terima kasih untuk pemain yang masih setia di keluarga bernama Milan, dan selamat jalan untuk pemain yang berpisah dengan Milan, terima kasih jasa-jasanya dan semoga sukses di karir selanjutnya. Forza Milan!!

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*