Soerya Onthel Panarukan (SOP) Community: Ngonthel yuk!!

ktm indonesia

SOP (Soerya Onthel Panarukan) Community sebuah perkumpulan baru khusus penggemar dan pengguna sepeda onthel jaman baheula. SOP Community adalah forum silaturahim dan kekeluargaan yang dibalut dalam bingkai kegiatan bersepada ria menggunakan sepeda onthel. Kegiatan bersepeda dilakukan rutin setiap hari Minggu pagi pukul 05.30-selesai.

Kegiatan bersepeda dimulai di Panti Asuhan Yatim Panarukan dengan rute sesuai kesepakatan bersama. Biasanya rute-rute yang dilalui adalah:
1. Panti Asuhan-Wringin Anom-Karang Asem-Jl. PB Sudirman-Jl. WR. Supratman-Jl. Wijaya Kusuma-
Alun2 Kota Situbondo-Jl. Merak-Sumberkolak-Paowan-Panarukan
2. Panti Asuhan-Klatakan-Pecaron-Obyek Wisata Pasir Putih-Pecaron-Klatakan-Panarukan
3. Panti Asuhan-Wringin Anom-Peleyan-Pantai Pathek-Jl. Anggrek-Jl Wijaya Kusuma-Alun2 Kota
Situbondo-Jl. PB Sudirman-Wringin Anom-Panarukan
4. Panti Asuhan-Wringin Anom-Locancang-Bugeman-Kendit-Balung-Klatakan-Panarukan
5. Dan rute-rute lain sesuai kesepakatan

Dalam setiap rute, terdapat tempat untuk sekedar rehat dan istirahat menikmati sajian makanan ringan dan minuman. Terkadang salah satu anggota SOP menawarkan diri untuk singgah di rumahnya, nah biasanya kalau yang seperti ini ada “menu khusus” yang agak berat (makan besar hehe…). Selain istirahat dan menikamti suguhan ala kadarnya, juga diisi tauziyah atau kultum (kulaih tujuh menit) yang berisi santapan rohani keislaman (badan sehat, jiwa juga semakin mantab keimanannya).
Mungkin, tauziyah semacam itu yang membedakan SOP dengan komunitas-komunitas onthel lainnya di Situbondo.

Saya dan Si Po Li Si

Saya memiliki sepeda onthel tanpa merk (cuma ada tulisan po li si di stang setir, entah maksudnya apa) warisan dari alm. bapak (sepeda turunan dari alm. embah kakung juga hehehe…). Sepeda jenis “laki-laki” karena memiliki palang besi antara palkon setir dengan dudukan sadel (sepeda cewek tidak ada) pada rangka sepedanya. Teman-teman di SOP Community memiliki beragam sepeda onthel dengan merk-merk berharga mahal (misal, gazelle, fongers, pon, dll)

Advertisements

2 Comments

Comments are closed.