“Aku Anak Siapa?”

Ini mamaku bukan ya?

Beberapa waktu yang lalu  teman saya yang di Batam bertanya lewat YM, katanya “apa ada kemungkinan jika orang tua golongan darahnya B dan O memiliki anak yang golongan darahnya A?”
nah lho….jadi ingat pelajaran tentang penentuan golongan darah pas SMU dan kuliah hehehe…menarik nih.

Sel Darah Merah

Sepengetahuan saya, pertanyaan itu jawabannya adalah TIDAK MUNGKIN! Koq bisa? begini analisanya (jiaaahhh…sok pinter nih).

Golongan darah manusia ditentukan berdasarkan jenis  antigen dan antibodi  yang terkandung dalam darahnya, sebagai berikut:

  • Individu dengan golongan darah A memiliki sel darah merah dengan antigen A di permukaan membran selnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen B dalam serum darahnya. Sehingga, orang dengan golongan darah A-negatif hanya dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah A-negatif atau O-negatif.
  • Individu dengan golongan darah B memiliki antigen B pada permukaan sel darah merahnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen A dalam serum darahnya. Sehingga, orang dengan golongan darah B-negatif hanya dapat menerima darah dari orang dengan dolongan darah B-negatif atau O-negatif
  • Individu dengan golongan darah AB memiliki sel darah merah dengan antigen A dan B serta tidak menghasilkan antibodi terhadap antigen A maupun B. Sehingga, orang dengan golongan darah AB-positif dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah ABO apapun dan disebut resipien universal. Namun, orang dengan golongan darah AB-positif tidak dapat mendonorkan darah kecuali pada sesama AB-positif.
  • Individu dengan golongan darah O memiliki sel darah tanpa antigen, tapi memproduksi antibodi terhadap antigen A dan B. Sehingga, orang dengan golongan darah O-negatif dapat mendonorkan darahnya kepada orang dengan golongan darah ABO apapun dan disebut donor universal. Namun, orang dengan golongan darah O-negatif hanya dapat menerima darah dari sesama O-negatif. (http://id.wikipedia.org/wiki/Golongan_darah)
Tipe Golongan Darah (google.co.id)

Gini saya sederhanakan sebisa saya…
Gol darah A memiliki rumus genetik AA dan AO
Gol darah B memiliki rumus genetik BB dan BO
Gol darah AB memiliki rumus genetik AB
Gol darah O memiliki rumus genetik OO

Untuk kasus temannya teman saya itu, ortunya kemungkinan memiliki :
a. BB vs OO = BO dan BO (artinya semua anaknya memiliki gol darah B)
b. BO vs OO = BO dan OO (artinya anaknya kemungkinan memiliki gol darah B dan O)
Jadi jika temannya teman saya memliki golongan darah A (AA dan AO), maka sudah terbukti jawaban saya tadi di atas.]

Tabel Pewarisan Berdasar Golongan Darah

Anyway, untuk lebih meyakinkan dan keakuratannya mendekati 100%, sebaiknya dilakukan test DNA (memang mahal sih, sekitar Rp. 5jt/test) tapi demi ketenangan batin dan kejelasan status harga itu akan jadi murah.

DNA Double Helix

Dunia memang aneh dan ajaib!

Advertisements

6 Comments

  1. Makasih Pak Guru, Tapi setelah dijalaskan Saia jadi makin binggung karena temenku makin gelisah dan penasaran.

    • hahaha…pokok e kancamu itu memang patut curiga tentang ortunya, secara teori jelas kan bahwa ortu gol darah B vs gol darah O, anaknya ga mungkin A hahahah….

Comments are closed.