Perawatan Monocross Scorpio

Bicara suspensi belakang, sok tunggal atau monosok sering dicap lebih oke dibanding model twin sok. Lebih stabil dalam akselerasi.

Tapi enggak banyak yang tahu kalau ternyata sokbreker tunggal sendiri memiliki beberapa tipe seperti model monocross yang dipakai pada Yamaha Scorpio.

Gb.1 Monocross. Lebih Baik dari Monoshok biasa

Terlihat bahwa monocross memiliki ciri bahwa pegangan sokbreker tidak langsung terhubung pada sasis atau swing arm (seperti pada monoshok biasa) namun bertumpu pada sebuah link (gb 1). Tipe monocross pada “kalajengking” ini memiliki kemampuan lebih baik saat melibas medan-medan sulit. Namun semua kelebihan itu tidak akan terlihat seandainya perawatan dilakukan ala kadarnya.

Pabrikan merekomendasikan penggunaan sok berkisar 20.000 km, karena sil sok dan pelumas memiliki usia pakai layaknya komponen lain.

Demi mencegah kerusakan lakukan perawatan seperti selalu membersihkan as sok. Piranti ini berhubungan dengan sil, jika as sok kotor, maka sil juga akan cepat rusak dan mengakibatkan sok jadi amblas. Weleh…dah amblas jd makin amblas

As sok sebaiknya diolesi gemuk (google.co.id)

Terdapat empat as sok yang ada di link (gb.1), nah keempat-empatnya harus rajin-rajin dilakukan pembersihan dan pemberian gemuk, paling lambat setahun sekali atau 6 bulan sekali lebih baik.

Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah beban maksimum yang dapat digendong sok. Hal ini bisa dilihat dari keterangan di ban yang digunakan.

Informasi yang terdapat di permukaan samping ban (google.co.id)

Terlihat bahwa beban maksimum yang disarankan oleh ban di atas adalah 212 kg. Nah usahakan beban angkut tak lebih dari angka yang tertera di atas.

Salam Si Pio

sumber: diolah dari www.otomotif.web.id

Advertisements

9 Comments

    • New Scorpio dibilang ambles tapi ga sampe kena spatbor, dibilang g ambles memang rada ke bawah. Tapi kmrn sempat dibuat boncengan badan gede2 ga sampe nge-gasrot bodi koq, jadi aman2 saja

  1. nice share info ny om, btw gk di ganti aja link nya..? ama yg lebih panjangan jd mengurangi penampakan ambles kyk NMP…link (yg bentuk ny kyk bumerang itu)…

    • Link-nya terdiri dari Arm Relay dan Connecting Rod, nah saya dah ganti yg conrod-nya jadi lebih pendek sehingga shok malah jadi naik. Bukan diganti yang lebih panjang bro…

Comments are closed.