Bioteknologi Di Sekitar Kita?

ktm indonesia
Bioteknologi adalah Rekayasa Genetika (google.co.id)

Bro, tanpa kita sadari ternyata di sekeliling kita banyak aplikasi teknologi tingkat tinggi pada bidang Biologi, yaitu Bioteknologi. Yup, bioteknologi ternyata sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Lho koq bisa? bukannya bioteknologi itu canggih, modern, mahal dan sulit dipahami? hehehe…dulu sebelum saya belajar Biologi (5 tahun pula kan huftt…heheheh) pertanyaan-pertanyaan itu memang ada dibenak, lha pas dipelajari…lah dalaahiki tho bioteknologi iku (opone sing iki tho?). Sip, pertanyaan bagus….nih penjelasannya (menurut saya lho)

Pertama, Apa itu Bioteknologi?

Dari buku yang saya baca, Bioteknologi adalah penggunaan biokimia, mikrobiologi, dan rekayasa kimia secara terpadu untuk menghasilkan atau meningkatkan potensi mahluk hidup maupun menghasilkan barang dan jasa bagi kepentingan mahluk hidup.

Nah lho bingung ga? dah ga usah bingung, pokoknya intinya Bioteknologi itu adalah sebuah modifikasi dari mahluk hidup untuk meningkatkan kualitasnya. Lha trus, modifikasi apa? Ya modifikasi bakteri atau DNA atau industri atau tanaman dll.

Kedua, Bioteknologi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari apa dong?
Eits..sabar nih beberapa contohnya:
1. Bidang makanan dan minuman
a. Keju modifikasi susu oleh bakteri Propioni bacterium
b. Yoghurt modifikasi susu oleh Lactobacillus bulgaricus
c. Tempe modifikasi dari kedelai oleh jamur Rhizopus oryzae
d. Kecap modifikasi kedelai oleh jamur Aspergillus wentii
e. Nata de coco modifikasi dari air kelapa oleh bakteri Acetobacter xylinum

Tempe. Hasil teknologi tinggi lho (google.co.id)

Nah kan, makanan atau minuman di atas bukannya sering kita jumpai sehari-hari apalagi yang namanya tempe dan kecap. Jadi, bioteknologi murah meriah bukan? hehehe…nah kalau mau lebih yakin lagi, ini bioteknologi berikutnya:

2. Bidang Kesehatan
a. Antibiotik penisilin dihasilkan dari Penicillium notatum
b. Antibiotik streptomisin dihasilkan dari Streptomyces griseus
Gimana sudah jelas bukan? dah..anggap saja dah jelas ya hehehe….

Tapi, Bioteknologi juga mahal dan sulit dipahami lho bro, saya juga susah memahaminya hehehe…(jujur lebih baik drpd tidak jujur).

Di bioteknologi ada yang namanya Rekayasa Genetika, wuih…kayaknya keren tuh? hehehe…
Pantengin nih ya, konsentrasi tingkat tinggi soalnya rada-rada njlimet, oke cekidot..
Rekayasa Genetika adalah teknik mengubah susunan gen dengan menambah/mengurangi gen tertentu dari mahluk hidup sehingga memiliki sifat yang diinginkan. Sebenarnya produk-produk makanan dan minuman atau produk kesehatan di atas menganut prinsip rekayasa genetika ini bro…ini adalah tekniknya, nah yang di atas td adalah hasil dari pemanfaatan rekayasa genetika hehehe….

DNA inti dari Bioteknologi (google.co.id)

Rekayasa genetika ini semakin “gampang” dilakukan karena terdapat beberapa penemuan-penemuan yang mendukungnya, yaitu:
1. “gunting molekuler” (enzim endonuklease restriksi) —> untuk memotong gen (DNA)
2. “lem molekuler” (enzim ligase) —> untuk menyambung gen (DNA) setelah digunting
3. plasmid (lingkaran DNA bakteri di luar kromosom) —> sebagai vektor (pengangkut gen)

Ada jenis rekayasa genetika yang sempat booming di dunia ini bro. Pernah dengar istilah Kloning? itu lho menciptakan mahluk hidup dari bagian tertentu (misal sel atau gen) mahluk hidup itu sendiri sehingga hasilnya sama persis. Di lihat dari segi ilmu penngetahuan atau sains, kloning ini merupakan lompatan besar dari kemajuan teknologi. Bayangkan, misal Lionel Messi (tau kan bro siapa dia?) dikloning hingga menjadi 5 yang mirip dirinya, apa ga jadi gempar dunia kulit bundar sana, sedangkan 1 Messi saja dah bikin stress lawannya hahaha….
Tapi dari perspektif agama Islam (karena saya insya Allah Islam), kloning ini masih sangat dipertentangkan alias diharamkan.

Sampai sejauh ini uji coba kloning oleh manusia baru dilakukan terhadap seekor domba, domba dolly namanya (kayak pernah denger nama itu, apa ya hehehehe….*mukalicik). Kloning dolly sukses secara fisik, namun tak lama kemudian si dolly mati. Nasibmu Dol…

Proses Kloning "Dolly" (google.co.id)

Udah ah..itu sedikit berbagi pengetahuan tentang Bioteknologi yang saya tahu. Mungkin pengetahuan saya ada yang salah, tolong dikoreksi…wassalam

Advertisements

7 Comments

Comments are closed.