Tutup Tangki Susah Dibuka, Kuncipun Bengkok!

Satu lagi cerita tentang tunggangan sehari-hari Mauyy, Si Pio a.k.a New Scorpio Z, lagi-lagi bukan soal performa tapi menyoal tentang penutup tangki bahan bakar.

Ceritanya Mauyy hendak memberi “minum” si pio dengan mendatangi sebuah SPBU terpercaya di timur kota Situbondo, walaupun dekat rumah ada SPBU lain, tapi Mauyy lebih sreg dengan SPBU yang jauh ini. Kenapa bisa begitu, nanti akan Mauyy tulis di artikel berikutnya, insya Allah. Back to topic, seperti biasa antrian di SPBU sudah mengular, tapi hal itu tidak membuat khawatir, karena di deretan Pertamax sangat kosong, Si Pio minumnya memang Pertamax (itung-itung beramal ke pemerintah lah).

“30 ribu mas…” sambil bilang begitu ke mas si petugas, Mauyy buka tutup tangki, namun kesulitan mulai terjadi. Tutup tangki begitu susah dibuka dengan kunci kontak. Putar kanan coba ke kiri, putar kanan lagi koq ga bisa terbuka. Dengan tenaga lebih besar akhirnya tutup tangki bisa terbuka, tapi ada yang mengkhawatirkan selanjutnya. Sedikit mengabaikan kekhawatiran itu, Mauyy fokus melihat ke arah angka-angka digital di pompa BBM, akhirnya selesai 30 ribu cuma dapat 3,29 liter hadeeehh…makin mahal saja nih si Ron 92. Ambil keputusan lain, campur dengan premium! Yup, sisa 20 ribu akhirnya untuk premium sebanyak 4,44 liter. Setelah semua selesai, tutup tangki ditutup kembali, kunci dipindahkan ke stang, kekhawatiran itu benar terjadi.

pas lagi bengkok ga sempat kefoto

Kunci kontak tidak bisa untuk meng-ON-kan. Ternyata kunci terlihat bengkok, akibat dari “pemaksaan kehendak” ketika buka tutup tangki tadi. Dengan berlagak seolah menerima telpon, Mauyy dorong Si Pio menjauh dari keramaian (mosok motor keren didorong hehehehe…). Sama seperti ketika akan membuka tutup tangki, putar kanan tapi ga pake putar kiri, tetap tidak terdengar bunyi “klik” dan lampu indikator mesin ON masih mati. Gawat nih!!

Beruntung, ada teman Mauyy yang bekerja di bengkel di seberang SPBU, akhirnya minta tolong untuk memberesi masalah ini, ternyata eh ternyata dia juga menyerah. Coba lagi…coba lagi…setelah setengah jam…ya 30 menit yang memalukan ini, tiba-tiba ada ide untuk memutar sedikit ke kiri, dan “klik”…. ahaa….pertanda bagus nih, coba putar ke kanan dan “klik”, indikator ON menjadi hijau, Alhamdulillah berhasil juga, pencet elektrik starter dan brummmm….langsung ngacir (tak lupa sebelumnya ngucapin terima kasih ke teman tadi).

Apa pelajaran dari kasus di atas? Pertama soal tutup tangki. Uap dari BBM di dalam tangki ternyata membentuk semacam “plak” di sekitar lubang kunci, alhasil hal tersebut akan membuat kunci susah untuk diputar. Solusinya adalah usahakan paling tidak dua hari sekali untuk selalu membuka tutup tangki, hal ini dimaksudkan untuk membuang “uap” dari BBM agar tidak mengendap dan akhirnya menjadi “plak”.

Kedua soal kunci yang bengkok. Sebisa mungkin jangan memaksakan untuk memasukkan kunci yang bengkok, walaupun sedikit, ke dalam lubang kontak. Jika hal itu dilakukan, maka mata gerigi kunci akan merusak “daleman” kontak, yang akhirnya akan membuat kunci tidak akan berfungsi lagi. Solusinya, sebelum memasukkan kembali kunci ke lubang kontak, normalkan lagi kunci yang bengkok seperti semula, caranya macam-macam, salah satunya dengan reverse ke tutup tangki tadi. Jika arah membuka tutup tangki ke kanan, maka putar kunci ke kiri sampai mentok dan hal itu akan mengembalikan posisi kunci yang bengkok menjadi seperti semula. Hal ini dilakukan jika kondisi darurat, jauh dari tukang kunci atau minim peralatan.

Itu sedikit pengalaman yang Mauyy alami Kamis (13/10) kemarin. Semoga bermanfaat!

Advertisements

41 Comments

  1. klo ane tu lubang kunci baik yg di tanki maupun di stang selalu ane kasi oli campur solar (sedikit aja) 1-2 tetes…btw nanya ni bro, pake raiser stang ya…nah raiser yg itu (ane punya sama persis) dipasang brp baut?
    kan klo gak salah lubang raiser ny gak pas ama segitiga yamaha…kejadian ny di motor ane raiser itu cuma terpasang 2 baut di segitiga Vixion ane…krn yg 2 lagi gk pas…jd hanya di masukin baut kecil yg panjang supaya gk geser2…maaf oot…

    • Raiser yang saya pake produksi aftermarket. Baut yang digunakan berjumlah 3 tiap raisernya (total 6). Baut yang satu posisinya vertikal di paling depan, sedangkan dua baut lainnya posisinya miring nyaris horizontal. Waktu pemasnagan kalau ga salah, lubang raiser untuk stang harus dikikir sedikit soalnya kurang lebar untuk stang bawaan Si Pio atau Byson.
      Btw, ide bagus tuh untu oli + solarnya, kalau solarnya diganti bensin atau oli saja gmn masbro?

      • walah baut ny 6? 3 di setiap raiser ny…kok bs ya…
        lebih baik oli ny saja klo gak ad solar…jangan bensin nti malah disamber api klo bro lg merokok ato ada orang yg merokok di dekat bro…serem kan wkwkwkkwkwk…

  2. thanx pak guru.. sudah dingatkan secara tidak langsung..

    *udah 6 bulan lebih lupa melumasi lubang kunci tutup tangki :mrgreen:

  3. kalo saya seringnya lumasi pakai chainlube..
    Soale pernah kejadian serupa pd tu2p tangki..
    Kalo pake oli/grease malah kotor, mas.

  4. Bro kalo tutup tangki new scorpio di pasang di vixion, bisa gak tanpa melakukan ubahan apapun.
    punya vixion modelnya kuno dan lama2 kalo dilihat bikin sebel saja…..!!

    • wah itu kayaknya repot mas bro, akan tidak sedikit perlakuan bahkan mungkin harus sedikit “merusak” tangki V-Ixion. Mungkin ada yang bisa bantu?

      • bisa sih mas bro..cuma tank ori vixion harus di bor untuk dudukan baut tutup tank scorpio..atau solusi kedua, tank ditambah daging dikit pake dempulan lalu dibikin lubang untuk tutup tank..tapi ya sifatnya permanen juga itu..pengen keren harus sedikit berkorban mas bro..hehe ๐Ÿ˜€

  5. tutup motor laki emang sering seperti itu hehee.. biasanya tiap merasa kunci agak seret kemudian aku semprot pake WD 40 + chain lube.

    • biasanya kunci tutup tangki itu sama dengan kunci kontak, hanya yang dipakai untuk buka tutupnya cuma 1/2 bagian ujung kuncil, dan itu juga sama dengan bukaan jok. Bawa ke tukang kunci aja mas bro…mereka lebih paham. Biasanya untuk bikin kunci dulikat itu ambil polanya dr kunci jok.

  6. mas … gmne ma tutup tanki vixion w yg gk bisa dibuka krna sudtnya gk sesuai …
    jadi diputer_2 juga gk bisa kebuka …

    mohon info nya yah

  7. Penutup tangki vixion punyaku gak bisa dibuka gan,mana bensinnya kering lagi…tolong solusinya dong gan.

Comments are closed.