Yamaha FJR 1300 Pilihan TNI Angkatan Darat

Kabar tentang motor baru yang di boyong TNI AD, Yamaha FJR 1300, membuat saya jadi penasaran, seperti apa sih wujud moge supersport touring buatan pabrikan garputala ini.

image

Googling-googling ketemu deh gambar moge yang memang keren dan pas buat jadi motor pengawal tamu-tamu kenegaraan seperti yang diungkapkan Kasad Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo dalam siaran pers, Jumat (23/11/2012) menyebutkan motor
bertipe supersport touring ini akan digunakan dalam pengawalan Kepala Negara dan tamu-tamu negara setingkat Kepala Negara. Seperti dikutip dari detikoto.

TNI AD memilih Yamaha FJR 1300 dengan alasan torsinya besar, lincah, gesit dan yang terpenting mudah perawatannya. Sebanyak 20 unit sudah diboyong dan yang beruntung adalah Kodam IX/Udayana, Bali yang akan diprioritaskan mendapatkan nih moge. Maklum, Bali semakin sering dikunjungi kepala negara dan tamu-tamu VIP negara.

Gudlak deh. Semoga TNI AD semakin bisa diandalkan dan tidak menjadikan moge-moge anyar ini sebagai alat obyekan yang baru, kayak kebiasaan si cokelat itu tuh 😀

Spesifikasi Yamaha FJR 1300:

Mesin
Tipe 1298cc liquid-cooled
segaris 4 silinder; DOHC, 16 katup
Bore x Stroke 79×66.2mm
Rasio kompresi 10.8:1
Bahan Bakar: injeksi
Ignition: Transistor
Controlled Ignition
Transmisi: 5-speed; multiplate wet clutch Final Drive; Shaft

Sasis
Suspensi depan 48mm fork; fully adjustable, 5.3-in travel
Suspensi belakang: single shock; adjustable preload and rebound damping, 4.9-in travel
Rem depan Dual cakram 320mm, UBS ABS
Rem belakang cakram 282mm UBS ABS
Ban depan radial 120/70- ZR17
Ban belakang 180/55-ZR17

Dimensi
Panjang 2,23 meter
Lebar 0,75 meter
Tinggi 1,32 meter

Bahan bakar
Kapasitas bahan bakar 25 liter
Konsumsi BBM 15,3 km per liter

Advertisements

12 Comments

  1. pak pol kan dah lama pakai. mungkin juga tni minta masukan polisi yang sudah lebih dulu pake. oh tni juga ad ada tugas juga buat ngawal pejabat/ tamu negara? kirain itu hanya tugasnya paspampres dan polisi aja. yowes semoga makin baik aja kinerja tni dan yang akur ya dengan angkatan lain dan polisi juga. dan pengabdian harus terus ditigkatkan!
    piss

  2. 5 speed?? kok gak ada FBH yg protes ama motor ini karena masih 5 speed?
    coba aja protes trus tandingin motor tigernya yg 6 speed atau cbrnya juga, pasti keok hehehe…
    gendeng..

Comments are closed.