FIM Rilis Jadwal MotoGP 2013, Argentina Terpental Dari Daftar!

ktm indonesia

 

Rivalitas. Pic Google

Akhirnya FIM merilis jadwal MotoGP musim 2013. Penyelenggara balap motor nomor wahid di dunia ini secara resmi menggunakan 18 sirkuit dari beberapa negara mencakup tiga benua, Asia, Eropa dan Amerika. Dibuka oleh balapan malam di Losail, Qatar (7 April 2013), rider-rider MotoGP kemudian bertualang keliling dunia hingga seri terakhir di Ricardo Tormo, Valencia pada 10 November 2013. Jadi, total ada 18 seri balap untuk musim 2013.

 

Yang agak menjadi kejutan adalah tidak dimasukkannya sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina ke dalam kalender 2013. Padahal sejak 2011 kemarin bersama sirkuit Austin Texas, Amerika, kedua sirkuit akan menyelenggarakan balap mulai musim 2013 dan seterusnya (kontrak 3 tahun). Namun, hingga detik-detik terakhir pengajuan kalender balap oleh regulator sekaligus pemegang hak kejuaraan balap MotoGP, Dorna, terdapat kendala politik yang menghadang. Hingga 18 November 2012 sebagai batas akhir pengajuan kalender, Sirkuit Argentina ternyata tidak bisa memenuhi kualifikasi. Bukan soal teknis sirkuit, melainkan adanya travel warning  pemerintah Spanyol ke Argentina untuk semua tim balap yang disponsori Repsol, perusahaan spaniard.

Repsol adalah sponsor tetap tim balap Honda. Ada beberapa pembalap Spanyol yang menjadi pembalap Repsol Honda, bahkan untuk kelas MotoGP, tim Repsol Honda bermaterikan full Spanish Rider, Dani Pedrosa (Runner up MotoGP 2012) dan Marc Marquez (Juara Dunia Moto2 2012). Nampaknya pengaruh dua nama besar tersebut, Repsol dan Honda masih sangat besar di dalam ajang MotoGP. Suka tidak suka itu yang telah terjadi. Coba ingat-ingat kembali perubahan aturan Rookie di tahun pertama yang dianulir untuk mengakomodir pindahnya Marc Marquez ke tim utama MotoGP, suatu hal yang diharamkan terjadi di musim pertama, seorang rookie langsung masuk tim utama. Nyatanya, itu hanyalah tinggal peraturan.

Well…. kembali ke awal, saat ini Dorna hanyalah berusaha untuk memasukkan Argentina ke dalam musim balap 2014 dan seterusnya, setelah pemerintah Spanyol mencabut travel warningnya pada 20 November kemarin. So, sambutlah musim balap 2013 di awal April. Semakin penasaran apakah Jorge Lorenzo mampu mempertahankan mahkotanya? atau apakah kembalinya The Doctor, Valentino Rossi, ke tim Yamaha akan menghidupkan kembali sinar legend-nya pasca 2 tahun kelabu di Ducati? atau apakah Dani Pedrosa sudah siap dengan mental juaranya yang telah doi tunjukkan di pertengahan hingga akhir musim 2012 kemarin? dan tentu saja kita harus menaruh atensi kepada anak muda satu ini, alien moto2 2012, Marc Marquez, apakah doi mampu cepat beradaptasi dengan atmosfer MotoGP yang tentunya lebih berat dibanding Moto2?

Kalender Resmi Balap MotoGP Musim 2013:

 

 

07 April – Qatar* Doha/Losail
21 April – Americas, Austin
05 Mei – Spanyol (STC), Jerez de la Frontera
19 Mei – Prancis, Le Mans
02 Juni – Italia, Mugello
16 Juni – Catalunya, Catalunya
29 Juni – Belanda**, Assen
07 Juli – Jerman, Sachsenring
21 Juli – Amerika Serikat***, Laguna Seca
18 Agustus – Indianapolis, Indianapolis
25 Agustus – Republik Ceko, Brno
01 September – Inggris Raya, Silverstone
15 September – San Marino & Riviera di Rimini, Marco Simoncelli Misano
29 September – Aragon, Motorland
13 Oktober – Malaysia, Sepang
20 Oktober – Australia, Phillip Island
27 Oktober – Jepang, Motegi
10 November – Valencia, Ricardo Tormo-Valencia

Keterangan:
* Balapan Malam
** Balapan di hari Sabtu
*** Cuma kelas MotoGP
STC = Subject to Contract

Silahkan dikoreksi dan dikomentari, semoga bermanfaat!

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Orang Ini Mengatakan Honda Tidak Curang Di MotoGP « KarisNSZ | All About My Mind

Comments are closed.