Orang Ini Mengatakan Honda Tidak Curang Di MotoGP

ktm indonesia

Berbagai macam tudingan dialamatkan ke Honda Racing Corporation (HRC) terkait begitu dominannya tim tersebut di ajang MotoGP. Bukan dominan di lintasan, melainkan tuduhan tentang HRC yang selalu mempengaruhi keputusan pihak penyelenggara balap agar menguntungkan tim tersebut. Nah, hal itu ternyata membuat pihak HRC gerah dan langsung memberikan sanggahan melalui wakil presidennya, Shuhei Nakamoto.

Vice President Honda Racing Corporation, Shuhei Nakamoto
twowheelsblog.com

Shuhei Nakamoto mengatakan bahwa Honda selama ini selalu fair alias adil terhadap rival-rivalnya di MotoGP. Bahkan walaupun Honda memiliki sejarah yang panjang dengan balap motor kelas wahid ini, termasuk dominan dalam proyek Moto3 dan Moto2, Nakamoto menjamin Honda tidak akan berlaku seperti Ferrari di F1 yang begitu dominan dan memiliki otoritas mutlak. seperti diketahui, Nakamoto sebelum bergabung di HRC adalah anggota senior proyek Formula One, jadi bisa dipastikan doi tahu persis sepak terjang tim kuda jingkrak di ajang balap jet darat tersebut.

Nakamoto juga membantah anggapan sebagian orang bahwa Honda bisa melakukan apapun yang Honda inginkan. Nakamoto was then asked, ‘So Honda doesn’t behave like Ferrari in the MotoGP, trying to make a biased racing environment?’ “That’s correct,” he replied. “However so many people believe that Honda do whatever Honda wants! In fact they bash us about that frequently! (crash.net)

Nah, apakah pernyataan Nakamoto benar adanya? Hanya doi dan orang-orang yang terlibat langsung dalam pengambilan kebijakan di MotoGP yang bisa menjawab itu. Tapi, yang pasti selama ini ada beberapa keputusan Dorna dan FIM yang terkesan menguntungkan Honda, misalnya tentang perubahan regulasi Rookie yang akhirnya bisa langsung membela tim utama di musim pertamanya (sebelumnya baru boleh di tahun kedua) terkait pensiunnya Casey Stoner yang diikuti naik kelasnya si anak emas, Marc Marquez, yang semuanya adalah pembalap Honda. Atau yang terbaru, terpentalnya Argentina dari kalender balap 2013 akibat travel warning ke negara Messi itu oleh pemerintah Spanyol terhadap semua pembalap Repsol, sponsor utama Honda!

Well, memang tidak baik mencampur-adukkan politik dengan olah raga, namun di setiap bidang apapun pasti sedikit banyak ada unsur politik di dalamnya, tak terkecuali balap MotoGP.

Silahkan dikoreksi dan dikometari, semoga bermanfaat!

Advertisements

8 Comments

  1. Bisa jadi politik berbicara di sini…!! Curang atau tidak pasti sudah dibicarakan pada seluruh team motoGp yg ikut berpartisipasi di dalamnya…IMHO

Comments are closed.