Motorsport 150 cc Mana Yang Terbaik? Adu Saja Di Sirkuit, Berani?

ktm indonesia
Minisport 150 cc, Ajang Pembuktian Motor Terbaik?!!
(iyaa.com)

Segmen motorsport 150 cc mulai naik daun, mulai banyak dilirik oleh konsumen tanah air, bahkan jika sesuai perkiraan, mulai 2013 nanti kelas ini akan tumbuh semakin menggila. Terutama mulai panasnya persaingan dua ATPM roda dua terbesar di tanah air, Yamaha dan Honda, yang akan gontok-gontokon di kelas sexy ini lewat dua produk unggulannya, New V-Ixion Lightning dan CB150R StreeFire. Nah, dari dua motorsport “kembar” tersebut, mana yang lebih baik, masih relatif masbro, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing serta pilihan dengan label terbaikpun masih tergantung selera konsumen. Jadi, subyektif sekali. IMHO

Sebenarnya ada satu cara untuk mencari mana yang terbaik diantara kedua jenis motor tersebut. Balapan di sirkuit resmi! Balapan kelas 150 cc (otomotifnet menyebutnya balapan minisport) nampaknya cukup menarik untuk dinikmati, apalagi saat ini di tanah air yang namanya balapan motor itu ya bebek alias underbone. Balap kelas 150 cc bisa menjadi dasar bagi pembalap-pembalap yang punya cita-cita menuju ajang MotoGP yang agak susah diperoleh skill dan feel tersebut dari balap bebek, jenis motornya saja beda. Selain itu, bagi ATPM inilah ajang untuk membuktikan kehebatan dan keunggulan kuda besi racikan mereka. Ya, walaupun sebenarnya di balapan tidak melulu faktor motor yang menentukan kemenangan, tapi paling tidak khalayak ramai jadi tahu di sisi mana motor A unggul dibanding motor B, C, D, dll, pun demikian sebaliknya, sehingga pertimbangan dalam membeli motor kelas tersebut mulai berdasarkan pengetahuan kemampuan motor, bukan merk. Selain itu ajang ini boleh jadi akan menjadi “provokator” bagi Suzuki untuk me-reborn FXR150 atau GS150R atau Kawasaki untuk segera meluncurkan motor 150 cc 4 tak-nya.

Dengan deretan motor-motor sport di kelas 150 cc mulai dari Byson, New V-Ixion, New Mega Pro, CB150R, Ninja 150 (R, RR dan SS),  Minerva X-road 150S dan VX150, apakah tidak akan menjadi sebuah tontonan seru tuh kalau semuanya ngaspal di sirkuit. Urusan peraturan-peraturan terkait perbedaan teknologi mesin (walaupun kubikasi sama) serahkan saja pada ahlinya, yang penting balapan sport 150 cc tersebut mampu menonjolkan dua hal, motor dan pembalap, bukan jago-jagoan mekanik dalam mengoprek jeroan si kuda besi.

Nah, pertanyaan berikutnya adalah apakah ATPM-ATPM tersebut mau “membenturkan” produk-produknya head to head langsung di sirkuit? Apakah mereka punya nyali untuk menang? Apakah mereka siap untuk dicaci maki seandainya produk yang selama ini diunggulkan ternyata kalah di sirkuit, tau sendiri kan kejamnya “komentator-komentator” roda dua melihat produk yang tidak sesuai harapannya hehe…. Agak sulit sebenarnya berharap ATPM itu mau diadu di sirkuit, pasti akan banyak alasan dari mereka untuk menghindar. IMHO. Tapi kita masih bisa berharap itu akan terjadi, apalagi ke depan kelas motorsport pasarnya semakin gurih, pun persaingan semakin keras antar ATPM.

Silahkan dikoreksi dan dikomentari, semoga bermanfaat!

Advertisements

29 Comments

  1. CBR150R sekalian aja ikut, tinggal peraturannya dibuat seadil mgkn. Tapi kalo FU mending jangan, lha wong bebek koq ikut2 batangan, mau bebek super kek, bebek hyper kek, tetep aja bebek, bukan kelasnya ikutan di motosport

  2. Pwrband vixi kyknya lbih lebar, tpi pwr lbih ke cb150. Kemungkinan beda tipis trgntung skill pemblap dan lintasan.

  3. yang jelas paling bontot finishnya itu si Y*****
    wong dia minder mpe bikin setetmen “Mau ngebut dimana sih?”

  4. yg bener tuh dites dipakai di jalanan dalam kehidupan sehari-hari selama seminggu. karena motor pada dasarnya bukan untuk balapan tapi dipakai sehari-hari, mauu???

  5. orang beli motor tuh yg dicari bukan kencang aja .tapi ada sisi lainya tergantung pembeli.kadang ada yg suka dari desain … mudah perawatan dan lain”.

1 Trackback / Pingback

  1. Benarkah DOHC 6 Speed CB150R Lebih Superior Dibanding SOHC 5 Speed New Vixion? « KarisNSZ | All About My Mind

Comments are closed.