Nih, Yang Bikin Moge Super Mahaaaallllllllll…!!! Makin Ngiler Aja….

ktm indonesia
Pajak Besar Membebani

Sebenarnya ada dilema ketika membicarakan jenis motor satu ini, motor gede alias moge. Terutama buat orang seperti saya yang besar pasak daripada tiang, besar keinginan yang tidak diimbangi kemampuan daya beli hehehe…. Dimana letak dilemanya? jelas dikeinginan memiliki moge yang harganya selangit (bagi beberapa orang sih mungkin harga moge bukan masalah). Ngomong-ngomong harga moge yang selangit, hal ini sebenarnya efek dari kebijakan pajak di negara kita tercinta ini. Hasilnya adalah segmen moge di tanah air ceruknya sangat kecil, kalah bersaing dengan motorsport mini. Di Thailand saja moge pasarnya besar lho.

Coba perhatikan ini, PPN, PPnBM, PKB. Nah, itu ada tiga jenis pajak yang wajib dihadapi oleh produsen moge kalau mau berjualan di sini. Mau tau masing-masing jenis pajak tersebut seperti apa dan bagaimana, silahkan masbro tanya mbah gugel saja, saya di sini tidak akan membahas pengertian masing-masing jenis pajak tersebut, njlimet dan belum nyampe nih otak :D. Well, pajak-pajak tersebut, belum pajak lain, alhasil menciptakan harga-harga moge yang nyaris dua kali lipat harga dasar si moge tersebut.

ZX6, Mahalan Pajaknya

Presdir Ducati Indonesia Agustus Sani Nugroho menjelaskan kalau kelemahan utama yang membuat pasar motor besar di Indonesia terus mengalami kesulitan adalah di faktor pajak. Doi ambil contoh varian Monster-nya yang di luar negeri dijual seharga 120 juta-an, tiba di tanah air terjual hingga 200 juta-an. Pun demikian dengan yang diungkapkan  Direktur Marketing PT Kawasaki Motor Indonesia Mitsuhiko Okada menuturkan kalau pajak masuk untuk motor-motor berkapasitas mesin besar ke Indonesia sangatlah besar. Okada kemudian memberikan simulasi harga untuk varian ZX6 yang saat ini dilepas dikisaran 220 juta-an, “Hitungannya, ZX-6 yang sekarang Rp 220 jutaan bisa kita jual Rp 120 juta kalau PPnBM tidak ada”, ujarnya.

Potong Pajak Motor dunks!

Wow….jika memang apa yang disampaikan petinggi-petinggi “moge” tersebut benar adanya, ya makin ngiler aja nih buat minang moge. Pantes saja segmen moge di tanah air begitu ekslusif banget, harganya hanya bisa dijangkau segelintir orang koq, orang kaya. Cuma bisa berharap pemerintah Indonesia mau lebih menurunkan pajak untuk kendaraan roda dua, walaupun hal tersebut sangat sulit diwujudkan, lha wong pemerintah lagi menggalakkan “genjot” pendapatan dari sektor pajak koq. Cuma yang aneh, ketika sektor pajak sudah begitu besar kontribusinya ke negara, koq utangnya malah makin banyak saja ya? Gayus Effect-kah? Wallahua’lam!!

Nah, itu jika ngomongin satu faktor begitu segmentednya moge di tanah air, harga yang super muahal, diluar jangkauan masyarakat kebanyakan. Ada satu faktor lain yang membuat moge rada susah berkembang, yaitu habit mayoritas masyarakat yang masih premium addict!. Nanti Insya Allah dibahas next article, mau berangkat kerja dulu masbro hehehe…. Sekarang, silahkan menggerutu saja dulu dengan pajak-pajak yang makin banyak ini, menghalangi keinginan minang moge (alasan sih, padahal emang duitnya ga ada :D)

Silahkan dikoreksi dan dikomentari, semoga bermanfaat!

 

Advertisements

35 Comments

  1. kalo pajaknya bisa ditekan kan ujung2nya harga moge jadi murah dan menaikkan market share dari moge itu sendiri. Kalo moge laris dampak positifnya Indonesia bisa dilirik menjadi basis pengembangan moge di asia tenggara. #analisangawur

    Semoga kedepannya pengelolaan pajak bisa lebih optimal, supaya uang yang sudah digelontorkan oleh rakyat ‘atas nama’ pajak bisa digunakan untuk membangun Indonesia~

  2. Moge jangan dibikin murah… Ntar dibeli sama Alay dan diganti Ban Cacing, belum lagi spion dilipat dan snalpot bobokan (Karena enggak kuat beli Yoshimura..) ..Ampun dah, baru tahu rasa! 😀

  3. yang tau kegunaan PPNBM pasti mengerti alasan diterapkannya pajak ini, bukan hanya demi segelintir moge impor yg calon dipakai orang arogan lantas berkoar-koar menekan ppnbm.

    • andaikan moge murah dan masyarakat kebanyakan bisa meminang layaknya motor2 entry level kira-kira arogansi apakah tetep akan terjadi? kalau skrg arogansi pemilik moge (anggap saja begitu) terjadi, bukannya itu efek dr ekslusivitas moge itu sendiri, mentang2 hanya dia yg mampu beli, pake pamer dan sombong? hehe….

      • jawabnya adalah pasti arogansi akan tetep ada, dan lebih mengerikan,
        sekarang aja segelintir HD bisa masuk tol, gimana nanti kalo semua punya moge pada teriak2 minta masuk tol semua.
        jangan kaget juga kalo ada nenek-nenek nyebrang jalan trus diblayer ama MV agusta yg dinaikin anak SMP/SMA gara2 murahnya beli moge…
        dan matinya pemasok suku cadang lokal karena pabrikan lokal cuma bikin motor dan onderdil motor 200cc kebawah doang,
        ingat,,moge itu 100%impor,

    • Ya gak gitu juga kali caranya menyikapi sikap arogan…lagi pula gak semua rider moge itu arogan, kembali ke pribadi masing2. Masalah lainnya adalah penerapan hukum lalu lintas yg gak tertib sama sekali, makanya bikin SIM jangan pake sogokan…jadi sejak awal rider pun disortir bila perlu bikin tingkatan SIM seperti diluar negeri….itu baru solusi utk soal arogansi! Payah bener nih pola pikir orang indonesia….masalahnya apa….solusinya entah kemana??? Dasar katrok lu!

  4. pajak tinggi aja jalanan masi banyak yang kaya tambalan gigi saya, apa lagi pajak rendah, mungkin pemerintah yang maruk ini nyopotin aspal

    wkakak

    segi negativnya sih harga moge beneran tinggi banget, susah di miliki rakyat seperti kita, tapi kalo harga terlalu rendah katakanlah 120 juta,orang tua yang mampu membelikan anaknya seperti honda jazz, bisa membelikan mereka motor dengan power yang di katakan overpower, di tambah mentalitas pengendara masih ga bagus, ane aja masi gampang panasan kalo kipas radiator uda nyala, pingin cepet pulang bawaanya xixixixi

    cuma karena terlalu tinggi harganya yah pemilik moge serasa raja jalanan, ga bisa di ganggu gugat jalanya, hmm, harusnya sih ada tes kejiwan sebelum memiliki, mengendarai serta larangan konvoi lebih dari 6 kendaraan untuk moge,

    biasanya rombongan moge yang banyak arogan sih, tapi kalo jumblahnya sedikit, lalulintas aja lebih taat daripada polisi pelangar lalulintas atau alay di jalan raya xixixiix

  5. menarik memang kalo bisaca PPNBM,
    saya sendiri sangat mendukung PPNBM, walau saya sendiri juga pengin moge meski jauh lebih mahal dari luar negeri yg juga masih jauh dari jangkauan dompet.
    .
    jadi jauhkan pikiran tentang perbandingan moge di luar dan di sini. karena itu sangatlah beda 180*.
    sarpras di sana jauh beda dengan sini. jalanan di luar lebar2 dan mulus, beda dengan sini yg cuma cocok buat jalan motor imut. masih ingatkah tragedi Z1000 di pasuruan?? itulah bedanya jikalau power besar tidak bisa dikontrol dengan mudah di jalanan sini.
    .
    kembali ke pajak, jadi pada dasarnya PPNBM itu dibuat untuk melindungi produsen lokal dari gempuran produk asing. produk asing dipajaki tinggi agar harga jualnya tinggi, jadi produsen lokal dapat merasa terlindungi oleh pemerintah.
    gimana kalo PPNBM rendah…ya gulung tikar tuh pabrikan lokal.. ratusan ribu karyawan nganggur karena pabriknya kalah saing dengan luar negeri.
    itu sih yg saya ketahui dari pelajaran ekonomi dulu di sekolah.
    kurang lebihnya mohon ditambahi/revisi.

      • Jangan sok tau ente….di US batasan dipertimbagkan dengan akal sehat dan situasi yang tepat….lah kalo disini? Cuma dipertimbangkan dari sudut pandang yang sempit! Ingat woy….dunia bakal berkembang….sapa yang bisa menghalangi? Kalo ada justru dia yang akan digilas jaman karena tidak bisa mengikuti perkembangan! Saatnya akan tiba era perdagangan bebas…kalo indonesia masih ngeyel….dijamin bakal rugi sendiri!

    • Produsen lokal yang mana yang ente maksud? Honda? Yamaha? Suzuki? Mana ada sich produsen lokal sepeda motor di indonesia? Semua prinsipalnya dari luar ngeri bro…melek donk lu!

  6. Skarang aja club moge di indo sdh bnyk bkn hanya di jkarta tp di kota2 besar lainnya , gw yakin kalau pajak ppnbm itu ilang penggemar moge bisa naik 300persen dan dampaknya akan terus berjalan seperti bola salju , bisa aja kan krn banyaknya komunitaa moge di kemudian hari MOTO GP diadakan rutin di indonesia bisa ketemu Bg Valey deg

  7. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai perpajakan, perpajakan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan negara ini.
    Negara yang maju dapat dilihat dari sitem perpajakan di negaranya.
    Saya juga mempunyai link perpajakan yang mungkin dapat bermanfaat, silahkan kunjungi Komunitas Pajak Universitas Gunadarma

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Punya Moge Koq Masih Premium Addict..!! « KarisNSZ | All About My Mind
  2. KTM Indonesia Siapkan Duke 690 R, Makin Ngiler Deh….. « KarisNSZ | All About My Mind
  3. Ini Dia BMW HP4, Motor Desain Terbaik! « KarisNSZ | All About My Mind

Comments are closed.