Red Bull Mulai Melirik MotoGP, (Pabrikan/Satelit?) Red Bull MotoGP Team…??

Taylor Mc Kenzie di Red Bull MotoGP Rookies Cup. Pembibitan!

Maaf baru sempet lagi ngurusin warung kecil ini, setelah berbagai kendala di line connection (speedy error, paket internet HP habis, pulsa cekak, duit limit :D) akhirnya baru tadi sore line speedy dibetulin petugasnya.

Nah Brosis, pernah dengar brand satu ini, Red Bull? Yup, di Indonesia Red Bull dikenal dengan minuman Kratingdaeng-nya (asalnya dari Thailand), sedangkan di luar sono mereka tetap pakai nama Red Bull untuk merk minumannya. Nah, brand minuman berenergi asal Austria ini sedang mencari tim MotoGP yang mau disponsori nih, tapi sudah barang tentu bukan tim sembarangan yang akan mereka sokong, melainkan tim yang mempunyai prospek juara dunia seperti yang mereka lakukan di ajang balap jet darat, Formula 1. Mereka mengatakan kalau Red Bull tidak pernah melupakan dunia MotoGP, hanya saja mereka mengakui belum menemukan tim yang cocok untuk mereka sponsori. “Maybe we just haven’t found the right team yet” – those were the words of Red Bull boss Dietrich Mateschitz.

Jika kriteria seperti itu yang dimau, nampaknya hanya ada tiga tim pabrikan yang memenuhi syarat, Honda, Yamaha dan Ducati. Dari ketiga tim tersebut, dua nama pertama dan terakhir peluangnya berta kalau boleh dibilang mustahil dalam waktu dekat ini. Honda sudah mesra dengan Repsol hingga 2015 nanti, bahkan kemungkinan besar diperpanjang. Pun demikian dengan Ducati, yang masih setia dengan brand merah, Marlboro. Yamaha lah yang memiliki peluang besar sebenarnya untuk digaet. Kita tahu, Yamaha semenjak hengkangnya Rossi nyaris tidak punya sponsor utama, padahal tim ini memiliki sosok juara dunia pada diri Jorge Lorenzo yang artinya prospek untuk menjadi juara plus mendapat porsi sorotan media menjadi lebih besar dibanding tim lain, bukannya itu yang diinginkan Red Bull?

Namun, apakah semudah itu? tentu tidak semudah dan sesimpel itu brosis. Strategi bisnis Red Bull tentunya sudah matang dan memiliki alur yang jelas dengan target-target tertentu layaknya sebuah brand yang hendak “jualan”. Apalagi saat ini Yamaha sudah kembali diperkuat si anak hilang, Valentino Rossi, seorang legenda MotoGP dengan nama besar yang sudah pasti akan menjadi incaran sponsor. Mungkin saja FIAT akan kembali mensponsori Yamaha karena sama-sama Italiano dengan The Doctor.

Last, kita lihat saja musim depan seperti apa ceritanya. Apakah Red Bull benar-benar akan menjadi sponsor salah satu tim pabrikan, atau mungkin tim satelite seperti halnya Monster yang sukses menyokong tim kuda hitam Yamaha Tech-3. Atau……Red Bull berniat menjadikan Suzuki sebagai partnernya, mengingat ada rencana mantan tim MotoGP itu akan kembali di 2014? Yamaha Red Bull MotoGP Team atau Suzuki Red Bull MotoGP team, pilih mana?

Suzuki’s 500cc World Champions (crash.net): 
Barry Sheene (1976 and 1977)
Marco Lucchinelli (1981)
Franco Uncini (1982)
Kevin Schwantz (1993)
Kenny Roberts Jr (2000)

Silahkan dikoreksi dan dikomentari, semoga bermanfaat!.

Advertisements

14 Komentar

  1. mosok ra salah…. ‘daeng’ itu kan sebutan orang bugis, kratingDAENG berati made in Makassar
    jiahahaha…. mabok.com
    piss…. melu rame tok..

1 Trackback / Pingback

  1. Suzuki Kembali Ke MotoGP 2014? Kawasaki Kapan Ya…. « KarisNSZ | All About My Mind

Komentar ditutup.