Suzuki Kembali Ke MotoGP 2014? Kawasaki Kapan Ya….

Siap comeback musim 2014
Siap comeback musim 2014

Suzuki sempat meramaikan dunia MotoGP sampai akhirnya akibat masalah finansial, mereka menarik diri dari keikutsertaan di MotoGP mulai musim 2012 kemarin. Walau tidak sehebat Honda atau Yamaha, tetapi Suzuki pernah mengecap nikmatnya juara dunia. Kala itu lewat rider Kenny Roberts Jr., Suzuki mampu mengangkangi pesaing-pesaing tangguhnya di musim 2000. Pasca juara dunia itu, prestasi Suzuki semakin hari semakin pasti merosot, hingga akhirnya di musim 2012 mereka memutuskan absen dari ajang bergengsi ini.

Namun, akhir-akhir ini Suzuki mulai menunjukkan tanda-tanda akan bergabung lagi ke MotoGP, seiring dengan membaiknya perekonomian dunia kali ya. Hal ini ditandai dengan laporan yang mengatakan bahwa mereka sedang intensif mengembangkan mesin 1000 cc dan melakukan test ride di trek. Tercatat nama besar seperti Cal Cruthlow mulai berminat untuk menjadi tester, dan yang nampak pasti adalah Randy de Puniet yang dilaporkan sudah menandatangani kontrak sebagai tester.

Indikasi comeback Suzuki juga semakin dipertegas dengan pernyataan Bos Dorna, Carmelo Ezpeleta yang mengatakan jika selama musim 2013 ini Suzuki akan melakukan test motor 1000 cc-nya dan jika hasil test sesuai rencana, di musim 2014 Suzuki akan kembali ke MotoGP.  “They [Suzuki] are asking us to have some testing during the 2013 season and if everything goes well maybe we will see them in 2014.” said Dorna boss Carmelo Ezpeleta, who told BBC Sport (crash.net). Btw, kalau kekurangan dana untuk sponsor, Red Bull lagi nyari partner tuh, gaet sajaaahhh…. 😀

Kawasaki Keluar di 2010, kapan "berani" masuk MotoGP lagi yah....
Kawasaki Keluar di 2010, kapan “berani” masuk MotoGP lagi yah….

Jika di musim 2014 nanti Suzuki benar-benar bergabung kembali, maka MotoGP akan memiliki (lagi) 4 tim pabrikan bersaing dengan Honda, Yamaha dan Ducati. So, Suzuki sudah memberikan sinyal positif, bagaimana dengan kabar tim pabrikan yang lain, Kawasaki? Apakah “masih belum punya keberanian lagi” untuk bersaing di lintasan selama semusim dengan Trio Honda, Yamaha dan Ducati? atau masih akan tetap seperti sekarang, jualan…jualan…dan jualan… hehehehe….ups, WSBK masih ding hihihii…

Silahkan dikoreksi dan dikomentari, semoga bermanfaat!

Advertisements

13 Comments

  1. salam bro..tahun ini aja crt 3@4kawasaki masuki mtogp..jika enggak mampu 1 motor sudah memadai.. pastinya rossi pembalap sbelum bersara..pasti dramatik gitu..dapur pacu yamaha dan kawasaki enggak ada bezanya..malah kawasaki pinya klajuan lebih sedikit..

1 Trackback / Pingback

  1. Kawasaki Comeback Ke MotoGP? | RiderAlam.com

Comments are closed.