Kurikulum Baru 2013, Daftar Mata Pelajaran Wajib dan Mata Pelajaran Pilihan!

Mata Pelajaran Wajib

Mata Pelajaran Wajib

Masih tentang Kurikulum Baru 2013 untuk level menengah atas alias SMA dan SMK (koq MA gak ada ya?). Seperti yang sudah disebutkan di sini tentang penghapusan jurusan IPA, IPS dan bahasa, maka sistem pendidikan di SMA menjadi mirip-mirip kuliahan yaitu sistem sks. Artinya akan ada mata pelajaran wajib dan mata pelajaran pilihan. Strategi kurikulum yang patut disayangkan, disayangkan kenapa baru saat ini hendak diberlakukan, padahal di pendidikan tinggi (kuliah) sudah lama dilakukan, sehingga sinergi kesinambungan harusnya sudah lama terjadi antara pendidikan sekolah dengan pendidikan tinggi. Tapi tidak apa-apalah terlambat dari pada tidak sama sekali😀

Ngomong-ngomong tentang mata pelajaran wajib dan mata pelajaran pilihan yang hendak diterapkan di SMA, kali ini akan saya share mata pelajaran apa saja yang masuk wajib atau yang mana yang pilihan.

Mata Pelajaran Wajib (Kelompok A)
1. Pendidikan Agama
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Matematika
4. Sejarah Indonesia
5. Bahasa Indonesia
6. Bahasa Inggris

Mata Pelajaran Wajib (Kelompok B)
1. Seni Budaya
2. Prakarya
3. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Masing-masing pelajaran di atas memiliki alokasi waktu 2 jam pelajaran, atau total 18 jam pelajaran setiap minggunya. Mata pelajaran wajib di atas berlaku untuk kelas X, XI dan XII.

Mata Pelajaran Pilihan (Kelompok C) atau Peminatan Akademik
A. Peminatan Matematika dan Sains
1. Biologi
2. Fisika
3. Kimia
4. Matematika

B. Peminatan Sosial
1. Geografi
2. Sejarah
3. Sosiologi dan Anthropologi
4. Ekonomi

C. Peminatan Bahasa
1. Bahasa dan Sastra Indonesia
2. Bahasa dan Sastra Inggris
3. Bahasa dan Sastra Arab
4. Bahasa dan Sastra Mandarin

Masing-masing mata pelajaran pilihan peminatan akademik di atas memiliki alokasi 4 jam pelajaran atau total 16 jam pelajaran yang bisa diambil selama seminggu. Mata pelajaran pilihan peminatan akademik di atas berlaku untuk kelas X, XI dan XII.

Pilihlah Sesuai Minat dan Bakat

Pilihlah Sesuai Minat dan Bakat

Dan yang terakhir adalah mata pelajaran pilihan bebas (6 jam pel;ajaran) yang bisa dipilih sebagai tambahan skill. Kelompok mata pelajaran ini terdiri dari:
1. Literasi Media (2 jam pelajaran)
2. Bahasa Asing Lain (Korea, Jepang, Jerman, Prancis, dll) (2 jam pelajaran)
3. Teknologi Terapan (2 jam pelajaran)
4. Pilihan Pendalaman Minat atau Lintas Minat (4 jam pelajaran)

Jadi, selama seminggu atau 6 hari sekolah setiap siswa dituntut untuk melahap 40 jam pelajaran, jika di rata-rata dalam sehari ada 7 jam pelajaran. Jika jumat dan sabtu dianggap hari pendek, maka senin-kamis bisa 8 jam pelajaran, sisanya hari jumat dan sabtu. Sebagai perbandingan, untuk saat ini senin-kamis 8 jam pelajaran, jumat 5 jam pelajaran dan sabtu 7-8 jam pelajaran, jadi total 45-46 jam pelajaran. Jadi, Setiap peserta didik wajib menempuh 40 jam pelajaran per-minggu, terdiri dari 18 JP wajib, 16 JP peminatan, dan 6 JP pilihan.

Oh iya, Kurikulum Baru 2013 di atas sebenarnya masih dalam tahap uji publik, belum disahkan 100% pemberlakuannya, namun paling tidak kita punya gambaran seperti apa rencana kurikulum yang telah disiapkan oleh pemerintah dalam hal ini kementerian pendidikan dan kebudayaan. Jika selama ini kita dipusingkan dan dibikin kesal dengan sistem kurikulum yang berubah-rubah, okelah itu normal tapi setidaknya kita masih bisa berharap dan terus berharap pendidikan di negara besar Indonesia ini akan semakin maju, tidak lagi ketinggalan dengan negara-negara maju lainnya.

So, buat brosis yang saat ini sudah menginjakkkan kaki di dunia putih abu-abu, kurikulum di atas tidak akan berlaku buat kalian, ini (seandainya nantinya benar-benar diterapkan) maka “korban” pertama adalah siswa baru tahun pelajaran 2013-2014 alias murid baru kelas X. Hayooo…lebih milih sains atau sosial…..atau malah bahasa? yang pasti di mata pelajaran wajib ada namanya Matematika, siapa saja yang tidak suka pelajaran ini dan berharap menghindarinya, satu-satunya cara ya tidak sekolah hehehehe……Siapkah kita menyambut Kurikulum Baru 2013?

Silahkan dikoreksi dan dikomentari, semoga bermanfaat!

33 responses to “Kurikulum Baru 2013, Daftar Mata Pelajaran Wajib dan Mata Pelajaran Pilihan!

  1. woo pertamaxin sendiri-__-
    wah kenapa ga dari tahun tahun lalu aja ya ini berlakunya!-,-
    mungkin ini di lakuin supaya ga ada diskriminasi kalo anak IPA itu lebih bisa dibandingkan anak IPS ya mas? (kebetulan saya anak IPS) :mrgreen

    Suka

  2. gambar yg atas sendiri ada lalatnya😆

    eh, IPA yg wajib gak ada? klo masuk pilihan berarti akan banyak orang gaptek.. karena IPA sangat penting untuk kehidupan sehari-hari… Paling juga akan bertahan sebentar klo gini caranya. 2014 semoga lebih sempurna.:)

    Suka

  3. tahun ini emg keren bgt.. mana unas 20 kode, rsbi diapus, tesan sma serempak.. kurikulum brupun jadi korban =___=

    Suka

  4. bagaimana tentang pembelajaran PKDLE ((Penerapan Konsep Dasar Listrik dan Elektronika)pada kurikulum 2013 ini?masih di ikut sertakan tdk ya?

    Suka

  5. maksudnya kelompok A dan kelompok B itu apa? kelompok A itu untuk peminatan IPA dan B untuk peminatan IPS dan bahasa atau sama aja? semua pelajaran yang ada disitu akan diberikan kepada semua siswa dari semua jurusan (ipa, ips, bahasa)? dan yang jurusan peminatan atau kelompok C, karena 16 jam pelajaran apa hanya diambil 4 hari senin sampai kamis?

    Suka

  6. Butuh Buku Peg. guru dan Siswa SD Kurikulum 13 lengkap ( Rev. 2014 ) dan Perangkat Pembelajaran kelas 3 dan 6 Semester 1 Tapel 2014-2015 lengkap, Silahkan kunjungi kkggugus03suboh.blogspot.com

    Suka

  7. Hey would you mind letting me know which webhost
    you’re utilizing? I’ve loaded your blog in 3
    completely different web browsers and I must say this blog loads a
    lot quicker then most. Can you recommend a good
    hosting provider at a fair price? Thank you,
    I appreciate it!

    Suka

  8. Ping-balik: Kurikulum Baru 2013, Daftar Mata Pelajaran Wajib dan Mata Pelajaran Pilihan! | smaislamserena·

  9. ass…heran dengan kebijakan pemerintah…prakarya dan KWU untuk SMK itu ada dalam kurtilas..Tpi kenapa masih tidak d akui statusnya dalam sertifikasi 2016 ini..klo memang begitu tiadakan saja sekalian mapel tersebut dalam kurtilas ,biar gak membingungkan dan gak jadi sebuah pengharapan palsu buat kami para guru yang mengajar bidang study tersebut.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s