Flora dan Fauna Identitas Situbondo

ktm indonesia

image

Kabupaten Situbondo seperti halnya kabupaten-kabupaten di seluruh Indonesia memiliki sebuah maskot atau identitas yang membedakan dengan daerah lain. Identitas di sini adalah maskot berupa flora dan fauna. Flora atau tanaman khas Situbondo adalah Karang Menjangan atau Paku Uncal atau Paku Tanduk Rusa sedangkan hewan khasnya adalah Ikan Kerapu tikus atau Kerapu Bebek. Yuk kita kenali lebih jauh tentang dua identitas daerah yang dulunya bernama Kabupaten Panarukan ini.

Karang Menjangan/Paku Uncal/Paku Tanduk Rusa

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Pteridophyta
Kelas: Pteridopsida
Ordo: Polypodiales
Famili: Polypodiaceae
Genus: Platycerium
Desv.

image

Paku Tanduk Rusa (Platycerium bifurcatum) adalah suatu marga tumbuhan paku dengan lebih kurang 18 jenis. Kesemuanya merupakan epifit dengan penampilan yang unik karena memiliki dua tipe daun dengan fungsi dan bentuk jelas berbeda. Paku yang juga biasa disebut karang menjangan ini dapat dijumpai tumbuh liar di semua daerah tropika dunia.

Kira-kira kenapa ya tanaman ini menjadi maskot situbondo? Entahlah, mungkin ketika itu tanaman ini banyak dijumpai di seluruh wilayah Situbondo, tetapi saat ini lumayan sulit menemukan tanaman yang biasanya nongkrong di pohon-pohon besar halam rumah ini. Mnuju kepunahan? Semoga saja tidak.

Ikan Kerapu Tikus/Kerapu Bebek

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Serranidae
Genus: Chromileptes
Spesies: C. altivelis

image

Ikan kerapu tergolong dalam famili Serranidae, tubuhnya tertutup oleh sisik-sisik kecil. Kebanyakan hidup di perairan terumbu karang dan sekitarnya, adapula yang hidup disekitar muara sungai. Sebagian besar Genus  anggota famili Serranidae hidup di perairan relatif dangkal dengan dasar terumbu karang, tetapi beberapa jenis diantaranya dapat ditemukan pada kedalaman sekitar 300 meter. di Indonesia ikan kerapu banyak ditemukan diperairan Pulau Sumatera, Jawa, Selawesi, Pulau Buru dan Ambon. Salah satu indikator adanya kerapu adalah perairan karang.

Saat ini Ikan Kerapu tikus telah menjadi produk unggulan dari Balai Budi Daya Air Payau Situbondo, bahkan telah diresmikan oleh  Menteri Kelautan kala itu, Fadel Muhammad, dan telah dilirik banyak investor domestik dan mancanegara. Harga bibit Kerapu Tikus ini mencapai Rp. 350 ribu/kg bahkan di internasional mencapai Rp. 500 ribu/kg. Potensi bisnis yang sangat besar sebenarnya yang bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Situbondo. Namun kenyataannya Situbondo justru masuk dalam kategori Daerah Tertinggal, Ironis…!!

Nah, sekarang kita (terutama saya) menjadi kenal dengan maskot Situbondo, jika sudah kenal maka saatnya kita menyayangi flora dan fauna ini, bukannya jika tak kenal maka tak sayang. Jadi, ketidaktahuan sudah bukan alasan lagi untuk tidak peduli terhadap Paku Tanduk Rusa dan Ikan Kerapu Tikus ini. Jika kita tidak bisa untuk memeliharanya minimal kita tidak merusak dan menghabisinya, betul? So, apa maskot identitas daerah brosis sekalian? Kenalin dong….

Referensi:
http://lontarmadura.com/sekilas-tentang-masyarakat-pandalungan/
http://www.depdagri.go.id/pages/profil-daerah/kabupaten/id/35/name/jawa-timur/detail/3512/situbondo
http://alamendah.wordpress.com/2010/11/22/flora-identitas-kota-dan-kabupaten-di-jawa-timur/
http://id.wikipedia.org/wiki/Paku_tanduk_rusa
http://id.wikipedia.org/wiki/Kerapu_bebek

Bonus:
Situbondo merupakan 1 dari 28 kabupaten yang terletak di provinsi paling timur Pulau Jawa, Jawa Timur. Kabupaten yang dulunya dikenal sebagai Kota Santri (kini julukannya berubah menjadi Kota Bumi Sholawat) memiliki luas wilayah 1.669,87 Km2 dengan jumlah penduduk 753.300 Jiwa (Sensus Penduduk 2010). Kabupaten yang dulunya bernama Kabupaten Panarukan ini (oleh Bupati Achmad Tahir dirubah menjadi Kabupaten Situbondo sekitar tahun 1972) berbatasan langsung dengan Selat Madura di sebelah utara, Kabupaten Bondowoso dan kabupaten Banyuwangi  di sebelah selatan, Selat Bali di sebelah timur dan Kabupaten Probolinggo di sebelah barat. Kabupaten Situbondo termasuk dalam wilayah Pantai Utara (Pantura) Pulau Jawa yang juga di kenal sebagai wilayah Tapal Kuda yaitu suatu kawasan di Provinsi Jawa Timur yang membentuk lekukan mirip ladam atau kasut besi kaki kuda.

Advertisements

2 Comments

  1. kata temen ane yg dari daerah sana sih situbondo terkenal dengan 2 lokasi “KAMPUS” yg ada di daerah sebelum masuk stbd dari arah bondowoso dan yg ada di daerah panarukan.
    if you know what i mean 😀

Comments are closed.