Motor Sport Murah atau Yang Lama Mahal?

Motor Sport Murah. Mindset Game
Motor Sport Murah. Mindset Game

Brosis, motor sport murah Honda siap meramaikan kancah roda dua tanah air. Tentunya ini adalah kabar gembira (?) bagi siapapun yang menaruh minat untuk mencicipi “rasa” motor sport tapi memiliki kemampuan finansial yang pas-pasan (pas mau motor ada, pas butuh uang ada, pas mau mobil ada, bukan itu ya… :D). Motor sport murah Honda berkode Honda K18 itu digadang-gadang memiliki harga di range 16 jutaan rupiah. Sakjane yo ora murah tenan koq kui….jundule meh belasan juta, murah kui atusan ewu hehehe… 

Tapi, sebenarnya ada bahaya laten dari serangan motor murah yang dilakukan Honda ini. Bahaya yang tidak terlihat secara kasat mata tetapi ada dan memiliki potensi merubah mindset konsumen. Coba perhatikan  kata “MOTOR SPORT MURAH HONDA”, kira-kira apa yang pertama terlintas di pikiran brosis ketika membaca kalimat itu? apakah “berarti motor sport Honda selama ini mahal dong”, jika itu yang muncul, brosis bisa BENAR juga bisa SALAH..!

Coba kita lihat motor sport (anggap saja begitu) termurah Honda saat ini, New Mega Pro, harganya mencapai nyaris 20 juta, bahkan di daerah-daerah sudah menyentuh angka tersebut. Dengan fitur dan teknologi yang dimiliki apakah pantas NMP memiliki harga tersebut? Pun demikian dengan Yamaha punya, Byson yang merupakan motor sport termurah pabrikan garputala ini, fitur dan teknologinya apakah setara dengan harga tersebut? Lantas jika Honda K18 nantinya keluar dengan harga 16 jutaan, seperti apa fitur dan teknologi yang akan dibawanya? Apakah pantas dengan harga tersebut? Apakah benar 16 juta itu termasuk murah?

Atau jangan-jangan selama ini motor sport yang beredar di tanah air sebenarnya motor murah yang sengaja dimahalkan demi banyak hal, gengsi dan laba misalnya? Sebenarnya berapa sih basic cost produksi untuk menghasilkan sebuah sepeda motor sport?Apakah ini sebuah BC atau bentuk Su’udzon saya? Semoga saja tidak, hanya agar kita lebih kritis melihat segala sesuatu, tidak langsung ditelan mentah-mentah. Share yuk brosis, biar kita makin kritis dan makin smart!

Silahkan dikoreksi dan dikomentari, semoga bermanfaat!

Advertisements

13 Comments

  1. Krg lbh sama dg hand phone..5 thn yg lalu uang 1 jt bwt beli HP, dg uang 1 jt skg pasti akan mendapat spek HP yg berbeda dan tentunya sdh lbh canggih yg spek skg..imho cmiiw..

  2. mending beli motor bebek rasa sport dari pada dikibulin beli motor sport tapi rasa bebek kualitas mocin…
    kweeekkk kweekkk…
    motor yg gak dialuin FBH karena masih sohc, 2 klep jadul, tromol

  3. motor yg beredar lebih dulu memang di set mahal demi gengsi & keuntungan. Bahkan dengan mengeluarkan motor sport murah pun keuntungan pabrikan masih sangat besar , hal ini terlihat dari profit perusahaan tiap tahunnya walalupun bonus akhir tahun karyawannya mencapai 8 atau 10 x gaji tiap tahunnya.
    sementara perusahaan lainnya paling 1x gaji.
    sangat jelas motor memang masih kemahalan.
    kalau tidak ada persaingan antara h & y , diyakini harga motor makin melambung.

Comments are closed.