Yamaha Siapkan Motor 250 cc Tahun Ini, Strategi Apa Yang Harus Disiapkan?

image

Yamaha R6 bisa jadi referensi untuk tampang Yamaha 250 cc

Akhirnya melalui Dyonisius Beti, Executive Vice President YIMM, memastikan bahwa Yamaha akan mengeluarkan motor sport 250 cc. Sebuah kepastian yang paling ditunggu-tunggu pemerhati otomotif R2 tanah air. Maklum, hanya tinggal pabrikan berlogo garpu tala ini saja yang belum punya “senjata” di segmen seperempat liter dari 4 samurai Jepang di tanah air.

image

Kawasaki Ninja 250R sang penguasa kelas 250 cc

Kawasaki sudah lebih dulu eksis dengan Ninja 250R nya sekitar tahun 2008an, kemudian diikuti Honda lewat CBR250R sekitar 2 tahun lalu dan terkini ada Suzuki Inazuma GW250 di tahun ini, Yamaha? Hanya punya Scorpio 225 untuk kelas sport tertingginya yang secara teknologi kalah jauh dari 3 pendekar 250 cc.

image

Suzuki Inazuma mencoba peruntungan pasar kelas seperempat liter

Nah, ketika kepastian sudah diberikan, kemudian muncul pertanyaan, akan seperti apa Yamaha 250 cc ini. Baik tampang, teknologi hingga harganya. Jika mengacu pada desain motor sport Yamaha global seperti R1 hingga R125 tentu tidak perlu diragukan lagi tampang si Yamaha 250 cc ini, saya yakin makjib dah. Kemudian untuk teknologi jelas Yamaha harus mengeluarkan yang injeksi, dan mereka sudah berpengalaman dengan itu. DOHC atau SOHC? Double silinder atau single silinder? Tentunya ini akan erat kaitannya dengan strategi harga nantinya.

image

Hond CBR250R single silindernya belum mampu memikat

Jika Yamaha 250 cc memilih yang single silinder jelas susah untuk bersaing dengan dua silindernya Ninja 250R, CBR250R sudah merasakan itu. Bisa ambil strategi ini jika Yamaha berani bermain di range harga jauh di bawah harga 250 cc rata-rata saat ini yang sekitar 50 juta-an. Jadi, misal Yamaha lepas 250 cc single silindernya di range 35-40 juta, mereka masih boleh berharap merebut pasar. Namun jika di atas 40 atau bahkan di atas 45 juta, kelaut aja deh, konsumen tentu prefer nambah dikit untuk yang double silinder.

image

Kawasaki Z250 andalan anyar Kawasaki

Nah, andaikan Yamaha ikut arus di angka jual 50 juta-an, jelas pilihannya adalah hanya double silinder seperti Ninja 250R. Jika strategi ini yang dipilih, “hanya” tinggal adu tampang, fitur dan tentu saja performa untuk mengambil hati konsumen. Mau full fairing atau naked yang kelak akan dipilih Yamaha, mereka harus kerja keras karena Kawasaki sudah siap menghadang lewat Ninja 250R (full fairing) dan Z250 (naked) yang sudah lebih dulu eksis. Bahkan kabarnya Honda juga sudah nyiapin versi naked dari CBR250R yaitu CBR250F. Bakalan semakin menarik neh kelas middle up motor sport, so welcome to the “jungle” Yamaha 250 cc.

image

Yamaha R1 jagoan Yamaha global

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

RiderAlam

14 responses to “Yamaha Siapkan Motor 250 cc Tahun Ini, Strategi Apa Yang Harus Disiapkan?

  1. fikir lg deh lw mau beli motor ini
    meskipun q pecinta yamaha.
    1 harga pasti mahal
    2 pajaknya bro gk kuat
    3 spare part aka onderdil

    Suka

    • Harusnya kalo ikut garis desain motorsport2 Yamaha, tampang bukan masalah buat mereka, keren2 modelnya koq. Mgkn harga dan performa yg harus diperhatikan lebih

      Suka

  2. Hruz 2 silinder, bosen liat scorpio, jgn klh ma kawasaki, dr smua segi,.. Trmasuk harga. Jgn berat d kantong y om..!!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s