Ron 92 Prioritas, Ron 88 Terpaksa, Campuran Keduanya Realistis!

New Scorpio Z 225 a.k.a Sipio Lebih Pas Minum Ron 92
New Scorpio Z 225 a.k.a Sipio 70% Minum Ron 92

Sejak awal “miara” New Scorpio Z 225 di akhir 2010 kemarin, boleh dibilang sekitar 70 % bahan bakar yang masuk ke tangki Sipio adalah pertamax alias bensin ron 92. Banyak faktor yang membuat saya memutuskan untuk meminumkan pertamax ke Sipio, tidak melulu soal idealisme tentang BBM subsidi dan non subsidi, tetapi lebih dominan ke menjaga kualitas mesin dan performa.

Terasa sekali perbedaan antara ron 88 dan ron 92 buat Sipio. Walau tanpa data ilmiah atau penelitian komprehensif, tetapi dalam riding sehari-hari penggunaan ron 92 membuat mesin Sipio lebih halus baik dari sisi suara atau tarikan dibanding dengan ron 88 yang terasa sekali teriakan mesin. Pun ketika melakukan akselerasi hingga mencapai top speed, ron 92 membuat tarikan jauh lebih enteng dan mudah mencapai 130 kpj, beda dengan ketika pakai ron 88 yang terasa lebih berat sehingga imbasnya butuh trek lebih panjang untuk mencapai kecepatan yang sama dengan ketika pakai ron 92.

Satu lagi kebiasaan yang sering saya lakukan, yaitu mencampur ron 88 dan ron 92 sekaligus ke dalam tangki Sipio. Perbandingannya tidak melulu tetap, tetapi paling seringnya sih 20 ribu untuk ron 92 dan 30 ribu untuk ron 88. Untuk performa jelas tidak sebaik jika pure ron 92 tetapi masih lebih baik jika hanya ron 88, tengah-tengah lah masih bisa dikompromikan.

Suasana SPBU
Suasana SPBU

Jika dihubungkan dengan anjuran menggunakan BBM non subsidi, saya sampai sekarang masih berprinsip menggunakan ron 92 adalah prioritas, campuran ron 92 dan ron 88 adalah realistis serta hanya ron 88 adalah terpaksa. Kenapa bisa begitu? sebenarnya faktor utama prinsip itu adalah fluktuasi harga ron 92. Seperti kita tahu, harga ron 92 dinamis mengikuti harga pasar dunia, tidak seperti ron 88 yang tetap segitu karena faktor subsidi pemerintah. Nah, selama ini jika harga ron 92 masih di bawah 10rb/liter, maka saya akan sangat anti pakai ron 88, mentok-mentok adalah campuran, namun jika harga mencapai dibawah 9rb, jelas saya akan pakai full ron 92 dan terakhir jika harga ron 92 sudah menembus batas psikologis finansial saya yaitu 10rb/liter atau lebih, baru dengan terpaksa saya akan pakai ron 88 dengan segala resiko terkait performa. Terpaksa!

Sebenarnya jika harga ron 92 tembus 10rb/liter tidak terlalu masalah asalkan harga ron 88 berada di kisaran minimal 6-7rb/liter atau selisihnya tidak terlalu jauh dengan ron 92 seperti sekarang. Nih sekedar saran saja, andaikan pemerintah mau sungguh-sungguh mengalihkan konsumsi BBM ke non subsidi, ada baiknya untuk segera mengurangi atau bahkan menghapus subsidi ron 88 agar harganya menjadi lebih dekat dengan BBM non subsidi, sehingga masyarakat tentunya akan lebih memilih yang lebih mahal dikit tetapi ada jaminan motor atau mobil lebih save. Soal harga barang yang kemudian juga akan ikut naik serta mungkin inflasi juga meningkat, saya pikir masyarakat akan siap untuk itu. Toh, dulu ketika harga bensin masih 2500/liter kita beli, naik jadi 6rb/liter masih juga terbeli, bahkan andaikan harga ron 88 sesuai harga pasar di kisaran 8rb/liter pun saya yakin kita juga masih bisa membeli. Tinggal bagaimana pemerintah memikirkan cara meningkatkan kesejahteraan warganya, meningkatkan daya beli warganya dan saya yakin kalau pemerintah ada niat, mereka akan mampu. Berani gak?

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Advertisements

17 Comments

  1. بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِالرَّحِيْـــــــمِ
    absen dl baru baca
    Sent from my BerryBerry® via Bolo Konco Network

  2. buat pio dengan kompresi mesin yang segitu apa krasa perbedaanya om? power nambah gt? masalahnya saya coba2 campur premium & pertamax plus yang saya rasain baru bunyi mesin yang lebih alus, g’seberisik pas pake premium, udah gitu agak tidak panas seperti biasanya (sekarang pake oli enduro racing, dulu pake yamalube)

  3. wah enak ya, kalo pertamax plus dicampur premium hasilnya setara pertamax 92. dengan harga lebih murah tentunya, bersukurlah bagi yg ada pertamax plus, di daerahku gak ada 🙁

  4. Gan, kenapa gak campur ron 95 dengan ron 88 saja ?
    Jika perbandingannya 1 : 1 dengan estimasi harga ron 95 = 10500 & ron 88 = 4500 (15000 jika dikalkulasikan), maka akan menghasilkan kualitas ron 183/2 = 91,5 dengan harga 7500 (15000/2)

    Lumayan kan bisa mendapatkan kualitas Ron (nyaris) 92 dengan harga terpaut 2500 per LT

    Saya gunakan teknik ini di Nvl aka gluduk, suara bagus performa sangat oke. 🙂

Comments are closed.